- Apakah aplikasi CommBank Mobile?
CommBank Mobile merupakan aplikasi perbankan yang akan menjawab kebutuhan finansial sehari-hari Kamu. Temukan berbagai kemudahan dalam transaksi perbankan serta rasakan kendali penuh atas keuanganmu.
- Fitur apa saja yang terdapat didalam aplikasi CommBank Mobile?
CommBank Mobile memiliki fitur perbankan yang memudahkan Nasabah untuk bertransaksi tanpa harus datang ke Bank. Fitur CommBank Mobile termasuk tetapi tidak terbatas pada daftar berikut ini:
- Pembukaan rekening baru Bank Commonwealth
- Pengecekan informasi saldo, histori transaksi
- Transfer realtime online ke Bank Commonwealth ataupun Bank lain di Indonesia
- Pembayaran tagihan, pembelian pulsa/prepaid voucher dan sebagainya
- Pengecekan informasi kartu debit Bank Commonwealth dan transaksi melalui kartu debit
- Pembuatan rekening Goal Saver
- Apakah Saya harus menjadi Nasabah Bank Commonwealth untuk mendaftarkan diri ke layanan CommBank Mobile?
Untuk dapat menikmati fitur perbankan bertransaksi, customer wajib menjadi Nasabah Bank Commonwealth yang telah melakukan pembukaan rekening melalui aplikasi CommBank Mobile.
- Sebagai pengguna CommBank Mobile, apakah Saya akan dilayani di kantor cabang Bank Commonwealth?
Kantor cabang Bank Commonwealth terbuka untuk umum, baik Nasabah maupun Non-Nasabah untuk melakukan transaksi perbankan sesuai dengan layanan yang disediakan.
- Bagaimana cara melakukan pembukaan rekening melalui CommBank Mobile?
Proses pembukaan rekening melalui CommBank Mobile sangat mudah. Nasabah perlu mempersiapkan eKTP, NPWP (jika ada), wajib memiliki e-mail dan nomor handphone yang aktif dan terdaftar di provider jaringan telekomunikasi di Indonesia, serta melalui semua tahapan pembukaan rekening sesuai dengan langkah-langkah yang dijelaskan didalam aplikasi CommBank Mobile.
- Perangkat atau smartphone apa yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi CommBank Mobile?
Kamu harus menggunakan smartphone Android atau iOS (iPhone) untuk mengakses CommBank Mobile. Minimum persyaratan teknis dari smartphone yang dapat menggunakan aplikasi CommBank Mobile dapat diperoleh di Play Store dan Apple Store.
- Apakah Saya dapat menggunakan aplikasi CommBank Mobile di luar negeri?
Ya, Kamu dapat menggunakan aplikasi CommBank Mobile dimana saja selama terhubung dengan koneksi internet. Untuk bertransaksi diperlukan OTP yang akan dikirim melalui SMS. Pastikan Nasabah dapat menerima SMS OTP dengan nomor handphone yang terdaftar di CommBank Mobile.
- Saya sudah menggunakan aplikasi CommBank Mobile, apakah Saya bisa daftar fasilitas IB dan MB?
Bisa, pendaftaran fasilitas Internet Banking dan Mobile Banking, nasabah dapat langsung datang ke kantor cabang Bank Commonwealth.
- Apakah aplikasi CommBank Mobile aman?
CommBank Mobile merupakan aplikasi mobile banking Bank Commonwealth yang dilengkapi dengan fitur keamanan teknologi yang sesuai dengan standard perbankan internasional dan melalui tahap pengujian yang lengkap dan diulangi secara berkala. Nasabah dilengkapi dengan username, password, SMS One-Time Password (OTP), serta passcode untuk memastikan setiap transaksi perbankan yang dilakukan hanya dapat dilakukan oleh Nasabah yang berwenang.
- Apakah bentuk pengamanan yang diterapkan dalam CommBank Mobile?
Demi keamanan, aplikasi CommBank Mobile menggunakan 2 faktor otentikasi sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dimana diantaranya menggunakan kombinasi dari username, password, SMS OTP dan passcode. Kami juga selalu melakukan pengawasan atas transaksi perbankan untuk mengantisipasi terjadinya risiko kejahatan cybercrime dan fraud.
- Apa yang dimaksud dengan passcode, dan apa perbedaannya dengan password?
Passcode adalah kode keamanan yang hanya terdiri dari 6 angka, sedangkan password terdiri minimal 8 karakter gabungan dari angka, huruf dan simbol.Keduanya akan digunakan untuk menjaga keamanan Kamu dalam melakukan aktivitas di aplikasi CommBank Mobile, namun password akan lebih sering digunakan untuk login ke aplikasi, sedangkan passcode lebih sering digunakan untuk melakukan otentikasi terhadap transaksi Kamu.
- Apa yang harus Saya lakukan untuk melindungi akun Saya saat bertransaksi melalui CommBank Mobile?
Untuk melindungi akun pribadi kamu, pastikan untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi dan perbankan Kamu, termasuk username, password, passcode, data-data perbankan dan data-data personal. Pastikan kamu menggunakan jaringan internet dari penyedia jasa yang terpercaya.
- Bagaimana jika handphone Saya hilang, namun Saya masih ingin menggunakan nomor handphone yang sama, apakah masih bisa kembali menggunakan CommBank Mobile?
Pastikan Kamu segera menghubungi Call Center Bank Commonwealth melakukan blokir terhadap akun CommBank Mobile dan nomor handphone Kamu untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Kamu masih dapat menggunakan nomor handphone yang sama dan mengaktifkan akun Kamu di perangkat mobile lain setelah Kembali menghubungi Call Center Bank Commonwealth untuk melakukan unblock terhadap akun CommBank Mobile Kamu.
- Bagaimana jika Saya lupa username atau password Saya?
Kamu dapat memilih “bantuan login” pada halaman login CommBank Mobile dan mengikuti langkah-langkah disana untuk mendapatkan username Kamu Kembali maupun untuk membuat password yang baru.
- Bagaimana cara Saya mengubah password atau passcode Saya?
Setelah login, Kamu dapat memilih “lainnya” diikuti dengan memilih “atur keamanan” dan selanjutnya mengikuti langkah-langkah disana untuk membuat password ataupun passcode baru. Untuk keamanan Kamu, password dan passcode baru kamu tidak boleh sama dengan 5 password atau passcode yang terakhir Kamu gunakan.
- Apa yang harus Saya lakukan jika Akun CommBank Mobile atau akses untuk mengaktifkan CommBank Mobile Saya terblokir?
Kamu dapat menghubungi Call Center Bank Commonwealth untuk melaporkan hal tersebut dan mengajukan permintaan untuk membuka kembali Akun CommBank Mobile dan akses untuk mengaktifkan CommBank Mobile Kamu.
- Apa yang harus Saya lakukan jika Perangkat Saya terblokir dari mengaktifkan CommBank Mobile?
Pemblokiran terhadap perangkat bersifat sementara. Kamu dapat menunggu hingga waktu pemblokiran terhadap perangkat telah selesai.
- Apa itu Virtual Debit Card?
Virtual Debit Card adalah kartu debit dengan 16 digit nomor kartu dan memiliki masa berlaku serta 3 digit CVV namun tidak memiliki fisik kartu. Kamu bisa menggunakan virtual debit card untuk transaksi online.
- Apakah PIN ATM yang telah Saya buat pada saat proses pembukaan rekening, akan sama dengan PIN kartu fisik ATM Saya?
Jika jenis kartu yang kamu pilih adalah kartu ATM Master Card, maka Default ATM PIN yang telah Kamu buat pada saat proses pembukaan rekening, akan berlaku juga sebagai default PIN kartu ATM fisik. Yang kedua, jika jenis kartu yang Kamu pilih adalah kartu GPN. Maka Kamu perlu melakukan proses pembuatan PIN ATM untuk kartu GPN kamu melalui menu “My Card” pada aplikasi CommBank Mobile.
- Apa itu kartu GPN?
Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) adalah kartu debit berlogo GPN yang diterbitkan oleh Bank Commonwealth.
- Bagaimana cara mendapatkan kartu fisik dari Mastercard dan GPN?
Nasabah perlu melakukan setoran awal ke rekening Bank Commonwealth untuk mendapatkan kartu fisik Mastercard dan GPN. Jumlah setoran awal dapat berubah sesuai kebijakan Bank Commonwealth.
- Apakah nasabah bisa mengganti alamat pengiriman kartu sebelum melakukan permintaan kartu debit fisik di aplikasi CommBank Mobile?
Tidak, Nasabah dapat mengganti alamat pengiriman kartu di Kantor Cabang Bank Commonwealth terdekat. Nasabah wajib membawa e-KTP sebagai dokumen pendukung.
- PIN apa yang akan digunakan untuk kartu fisik Mastercard Saya?
Kartu fisik Mastercard akan menggunakan PIN yang sama dengan kartu debit virtual Mastercard yang Kamu buat saat proses pembukaan rekening menggunakan CommBank Mobile.
- Bagaimana cara mendapatkan kartu fisik lebih cepat?
Proses pengiriman kartu fisik adalah paling lambat 14 hari kerja. Proses pengiriman tidak dapat dibatalkan setelah Nasabah melakukan pengajuan kartu fisik.
- Bagaimana jika Saya lupa PIN kartu debit virtual / kartu fisik Mastercard / kartu fisik GPN?
Kamu dapat menghubungi Call Center Bank Commonwealth atau kunjungi kantor cabang Bank Commonwealth terdekat.
- Apakah Goal Saver itu?
Goal Saver adalah jenis tabungan yang dapat dibuka dari aplikasi CommBank Mobile dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Tabungan ini membantu Kamu menabung secara teratur dan disiplin untuk meraih mimpi Kamu lebih cepat. Kamu bisa memiliki lebih dari 1 Goal Saver sesuai dengan tujuanmu.
- Apa saja fitur utama Goal Saver
Fitur utama Goal Saver adalah:
- Bebas atur target dana dan waktu sesukamu
- Auto-debet dari rekening utama CommBank Mobile Kamu setiap bulan
- Dana akan dicairkan otomatis setelah Goal Kamu tercapai
- Tanpa penalti jika dihentikan sewaktu-waktu
- Suku bunga 3,25% pertahun, dihitung harian
- Apa syarat untuk memiliki Goal Saver?
Syarat memiliki Goal Saver sangat mudah, yaitu:
- Kamu hanya perlu memiliki minimal 1 (satu) tabungan mata uang rupiah di Commonwealth Bank sebagai rekening utama untuk dana Goal Saver Kamu.
- Membuka Goal Saver melalui aplikasi CommBank Mobile
- Apakah Goal Saver ada biaya?
Pembukaan Goal Saver tidak dikenakan biaya.
- Berapa banyak Goal Saver yang bisa Saya buat?
Kami ingin Kamu fokus dalam mencapai tujuan Kamu, maka saat ini maksimum ada 10 (sepuluh) Goal Saver yang bisa Kamu buat.
- Apakah Saya bisa menambahkan dana ke Goal Saver selain dari rekening utama di CommBank Mobile?
Saat ini Kamu hanya bisa menambah dana ke Goal Saver dari rekening Utama di CommBank Mobile secara otomatis setiap bulan.
- Kapan uang Saya akan didebet secara otomatis?
Uang Kamu akan didebet otomatis setiap bulan, pada tanggal yang telah Kamu tentukan. Pastikan dana telah tersedia di rekening utama CommBank Mobile Kamu 1 (satu) hari kalender sebelumnya.
- Bagaimana jika dana Saya tidak mencukupi pada tanggal auto-debet yang sudah ditentukan?
Proses auto-debet akan gagal untuk bulan berjalan. Proses auto-debet akan dilakukan kembali pada bulan berikutnya sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan per-bulan.
Misalnya jumlah auto-debet Rp500.000 (lima ratus ribu Rupiah). Jika pada bulan Maret auto-debet gagal dilakukan karena dana sebesar Rp500.000 tidak tersedia di rekening Utama, maka pada bulan April akan dilakukan lagi auto-debet sebesar Rp500.000 selama Goal Saver masih belum mencapai tenggat waktu.
- Bagaimana Saya dapat menarik dana Goal Saver Saya?
Kamu dapat menarik dana Goal Saver Kamu melalui aplikasi CommBank Mobile berapapun, kapanpun dan tanpa penalti apapun. Cara penarikan dapat dilihat pada Panduan Pengguna CommBank Mobile yang tersedia di website Commonwealth Bank.
- Apakah Saya bisa mengubah frekuensi, target jumlah tabungan, target menabung setiap bulan, atau tenggat waktu Goal Saver Saya bila berubah pikiran?
Kamu bisa mengubah target menabung setiap bulan dan tenggat waktu Goal Saver Kamu kapanpun, namun untuk frekuensi menabung dan target jumlah tabungan tidak dapat diubah.
- Apakah ada batasan untuk Goal Saver?
Batasan target Goal Saver yang bisa Kamu buat adalah minimum Rp100.000 (seratus ribu Rupiah)dan maksimum Rp 100.000.000 (seratus juta Rupiah) per Goal
- Apakah Saya bisa menghentikan Goal Saver walau tenggat waktu belum berakhir?
Ya, Kamu bisa menghentikan Goal Saver Kamu sewaktu-waktu tanpa penalti. Saldo Goal Saver mu akan ditransfer ke rekening utama CommBank Mobile, termasuk bunganya.
- Bagaimana cara melihat bunga yang Saya terima dari Goal Saver?
Jika jangka waktu tabungan Goal Saver Kamu sudah tercapai, maka dana akan dicairkan secara otomatis, beserta bunganya ke rekening aktif CommBank Mobile Kamu.
- Apa yang terjadi jika Goal Saver sudah tercapai?
Goal Saver Kamu terhenti karena sudah mencapai tenggat waktu yang telah Kamu tentukan pada saat membuat Goal Saver pertama kali. Untuk Goal Saver yang belum tercapai jumlahnya, namun sudah mencapai tenggat waktu juga akan terhenti.
- Kenapa Goal Saver Saya tiba-tiba terhenti dan dananya ditransfer otomatis ke rekening Saya?
Kamu dapat melihat transaksi Goal Saver Kamu di Internet Banking, atau di e-statement yang dikirimkan ke email Kamu setiap bulan.