Sekilas Group CBA

CBA Group

GO

Sekilas Perusahaan

Commonwealth Bank of Australia (CBA) Group

Grup Commonwealth Bank of Australia (Grup CBA) merupakan penyedia layanan keuangan terkemuka di Australia termasuk retail banking, premium banking, business banking, institutional banking, pengelolaan keuangan, pensiun, asuransi, investasi pialang dan produk saham. CBA merupakan salah satu kelompok usaha terbesar yang terdaftar di Australian Stock Exchange dan masuk dalam Morgan Stanley Capital Global Index.

Pada tahun 2016, Grup CBA menempati peringkat 4 dalam index “Global 100 Most Sustainable Corporations in the World” menjadikannya bank yang paling berkesinambungan secara global dan sekali lagi, masuk dalam Dow Jones Sustainability World Index dan FSTE4Good Index.

CBA menyediakan layanan perbankan lengkap termasuk KPR, kartu kredit, Kredit Tanpa Anggunan (KTA), serta giro dan deposito di bawah payung brand Commonwealth Bank of Australia dan Bankwest. CBA berhasil menguasai pangsa pasar domestik terbesar untuk KPR, KTA, deposito ritel dan discount stock broking, serta merupakan salah satu penerbit kartu kredit terbesar di Australia. CBA juga menawarkan produk-produk komersil yang lengkap termasuk pinjaman usaha, pembiayaan peralatan dan perdagangan serta produk-produk perbankan untuk kawasan pedesaan dan agribisnis.

CBA memiliki basis nasabah ritel terbesar di Australia, mengoperasikan jaringan distribusi jasa keuangan terluas dengan akses nasabah terbanyak dan memiliki 1.000 cabang yang tersebar di seluruh Australia. CBA telah membangun bisnisnya di Australia, Selandia Baru, Eropa dan wilayah Asia Pasifik, dengan mempekerjakan 51.700 karyawan. CBA melayani lebih dari 15,9 juta nasabah di Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Indonesia, Cina, Vietnam dan India.

Grup CBA terus mengembangkan pangsa pasar internasional melalui:

  • Bank ritel di Selandia Baru (ASB Bank), Indonesia (PT. Bank Commonwealth selanjutnya disebut “Commonwealth Bank”),
  • Investasi perbankan di Cina (kepemilikan 20% saham di Qilu Bank dan Bank of Hangzhou)
  • Kegiatan operasional asuransi jiwa di Selandia Baru (Sovereign Insurance), Indonesia (PT. Commonwealth Life) dan melalui usaha joint venture di Cina (BoCommLife)
  • Cabang Perbankan di London, New York, Tokyo, Hong Kong, Shanghai, Singapore, Auckland dan Mumbai
  • Kantor perwakilan di Beijing dan Hanoi

Dengan melewati sejarah yang panjang dan institusi yang aman selama lebih dari seabad dan berhasil melewati berbagai kondisi pasar, CBA telah memperoleh kepercayaan penuh dari para nasabah. Sebagai bank terbesar di Australia dengan peringkat kredit internasional AA, para nasabah tahu bahwa mereka dapat mengandalkan CBA sepenuhnya dalam bentuk dan kondisi pasar apapun. CBA merupakan satu dari segelintir bank di dunia yang masih tetap bertahan dalam kategori AA. Sejak meluasnya krisis ekonomi di tahun 2008, CBA telah menambah modal dasarnya selain meningkatkan posisi dana dan likuiditas melalui pengembangan deposito serta pinjaman jangka panjang, sekaligus mengurangi pendanaan jangka pendek dalam jumlah besar.

Dengan reputasi yang kuat dan fondasi keuangan yang kokoh, Commonwealth Bank of Australia berharap Commonwealth Bank Indonesia juga dapat memainkan peran yang signifikan dalam masa-masa mendatang, serta membawa pengaruh positif pada pengembangan sektor perbankan di Indonesia.

Dengan reputasi yang kuat dan fondasi keuangan yang kokoh, Commonwealth Bank of Australia berharap Commonwealth Bank dapat memainkan peran yang signifkan dalam masa-masa mendatang, serta membawa pengaruh positif pada pengembangan sektor perbankan di Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai CBA dapat langsung diakses melalui website www.commbank.com.au