Sekilas Perusahaan

Sekilas Perusahaan

Commonwealth Bank

PT. Bank Commonwealth (“Commonwealth Bank”) merupakan anak perusahaan Commonwealth Bank of Australia (CBA) yang berbasis di Sydney yang merupakan institusi keuangan publik terbesar di Australia yang terdaftar pada Securities Exchange dan Morgan Stanley Capital Global Index di Australia.

Kehadiran Commonwealth Bank merupakan bagian dari strategi jangka panjang CBA untuk mengembangkan bisnisnya hingga ke Asia Pasifik, khususnya di Indonesia dan Cina. Dimana di Indonesia sendiri, ditandai dengan dibukanya kantor perwakilan CBA pada tahun 1992.

Pada tahun 1997, CBA membentuk perusahaan joint venture untuk menyediakan layanan perbankan korporat bagi entitas bisnis Indonesia dan perusahaan lainnya, dan pada tahun 2000, perusahaan tersebut menjadi Commonwealth Bank, dengan CBA sebagai pemegang saham utama.

Pada tahun 2007, sebagai bagian dari rencana pengembangan pasar Usaha Kecil Menengah (UKM), Commonwealth Bank mengakuisisi saham Bank Arta Niaga Kencana (ANK) yang berbasis di Surabaya dengan penguasaan pasar yang dominan di wilayah Jawa Timur. Akuisisi tersebut telah membantu Commonwealth Bank memperkuat bisnis UKM serta membangun jaringan yang lebih luas di Indonesia bagian timur.

Layanan Perbankan yang Lengkap

Commonwealth Bank menyediakan layanan perbankan yang lengkap. Dengan kedudukannya sebagai penyedia layanan Wealth Management terkemuka, Bank juga mengembangkan fokus usahanya pada layanan Retail Banking dan UKM, dengan menawarkan solusi keuangan yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Commonwealth Bank menawarkan beragam produk perbankan yang menarik, seperti tabungan, deposito, berbagai produk investasi dan bancassurance, kredit modal kerja bagi Usaha Kecil Menengah (UKM), Safe Deposit Box (SDB), Call Centre 24 jam, serta layanan real time transfer melalui Internet dan Mobile Banking, Cashflow dan ATM yang menawarkan kemudahan perbankan bagi nasabah, transaksi SWIFT (“Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication”), BI-RTGS (“Bank Indonesia Real Time Gross Settlement”), gratis biaya SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia), dan juga diskon khusus untuk pembelian reksa dana.

Commonwealth Bank adalah Bank yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah memperoleh izin usaha sejak tahun 1997.

Dengan melayani nasabah melalui jaringan kantor cabang di 26 kota besar di Indonesia, Commonwealth Bank berusaha menjangkau segmen kelas menengah di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, Bank terus mengedepankan inovasi produk dan teknologi demi memenuhi kebutuhan nasabah dan makin fokus dengan solusi layanan e-channel (digital banking) yang lengkap sekaligus digunakan untuk melakukan edukasi publik dan nasabah dalam hal literasi keuangan maupun keamanan bertransaksi melalui perbankan.

Commonwealth Bank mengoperasikan lebih dari 85 ATM dan akan terus bertambah. Selain terkoneksi dengan jaringan ATM global CBA, layanan ATM Commonwealth Bank juga terhubung dengan jaringan ATM terluas di Indonesia yaitu ATM Bersama dan PRIMA/BCA.

Commonwealth Bank juga menawarkan kemudahan berbelanja melalui kerja sama dengan jaringan Debit PRIMA/BCA dan Maestro, yang memungkinkan kartu ATM Commonwealth Bank digunakan sebagai kartu debet di seluruh toko atau penjual di Indonesia yang tergabung dalam jaringan tersebut.

Selain itu, Commonwealth Bank juga memberikan layanan perbankan yang nyaman, handal, mudah dan terjangkau bagi nasabah melalui Internet Banking dan Mobile Banking. Aplikasi Mobile Banking ini merupakan yang pertama di Indonesia dengan fitur investasi yang memudahkan nasabah membeli reksa dana dan menempatkan deposito kapan pun dan dimana pun.

Pelayanan Prima

Sejalan dengan visi Bank “Improve the financial wellbeing of our customers and communities”, berdasarkan hasil survei Banking Service Excellence Monitoring (BSEM) yang dilakukan oleh lembaga survei independen Marketing Research Indonesia (MRI), bersama dengan Majalah InfoBank, Commonwealth Bank merupakan satu-satunya bank kepemilikan asing yang selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2013 menempati posisi 10 besar bank dengan layanan terbaik di antara seluruh bank di Indonesia.

Kokoh dan Percaya Diri

Pada tahun 2015, Commonwealth Bank mempertahankan peringkat "National Long-term AAA with a Stable Outlook" dari Fitch Rating. Pencapaian ini merupakan keenam kalinya yang diraih Bank secara berturut-turut sejak tahun 2010 silam dan hal ini memperlihatkan secara jelas kondisi keuangan Bank yang stabil. Peringkat ini memberikan kemudahan bagi Commonwealth Bank untuk menerbitkan instrumen utang di dalam negeri guna membiayai pertumbuhan dimasa depan.

Sebagai salah satu pasar utama di Asia, Indonesia menawarkan peluang pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan. Dengan layananan keuangan yang solid, CBA akan terus memberikan dukungan luas kepada Commonwealth Bank yang diharapkan dapat tumbuh untuk memainkan peran penting dan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan sektor perbankan Indonesia.

Anti Suap dan Korupsi

PT Bank Commonwealth sebagai salah satu institusi yang menjujung tinggi etika bisnis yang sehat dalam menjalankan kegiatan usahanya, PT Bank Commonwealth tidak mentolerir segala bentuk tindakan Suap dan Korupsi di lingkungan PT Bank Commonwealth. Untuk itu, PT Bank Commonwealth berkomitmen menanamkan budaya ZERO TOLERANCE terhadap segala bentuk tindakan suap dan korupsi.

Suap adalah menawarkan, menjanjikan, memberikan atau menerima keuntungan secara finansial maupun dalam bentuk lain disertai dengan maksud untuk mempengaruhi keputusan bisnis atau mendapatkan fasilitas khusus.

Korupsi adalah sebagai tindakan melawan hukum dengan maksud memperkaya diri atau orang lain yang dapat merugikan keuangan perusahaan.