Sekilas Perusahaan

Sekilas Perusahaan

PT. Bank Commonwealth (“Commonwealth Bank”) adalah anak perusahaan dari Commonwealth Bank of Australia (CBA) yang berbasis di Sydney, yang merupakan institusi keuangan publik terbesar di Australia yang terdaftar pada Australia Securities Exchange (ASX).

Commonwealth Bank fokus pada segmen Retail Banking dan Usaha Kecil Menengah (UKM), menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan - serta menjadi penyedia layanan Wealth Management - dengan menawarkan solusi keuangan yang disesuaikan untuk melayani kebutuhan pelanggan.

Commonwealth Bank terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Produk dan Layanan Komprehensif:

  • Pendanaan Ritel: Rekening giro dan tabungan, deposito berjangka, kartu Debit.
  • Pinjaman:
    • Ritel: KPR, Pinjaman Pribadi, Auto loans (Joint Finance).
    • UKM: Pinjaman Berjangka, Pinjaman Bergulir dan Overdraft
  • Wealth Management: Produk-produk Investasi dan Treasury.
  • Bancassurance.
  • Safe Deposit Boxes (SDB).
  • Pusat Layanan 24 jam
  • Mobile Banking

Statistik Perusahaan*

  • Total Aset: IDR 23 triliun
  • Total Pendanaan Pihak Ketiga: IDR 16 triliun
  • Total Pinjaman: IDR 14 triliun.
  • Rasio Kecukupan Modal (CAR): 23.33%.
  • Kantor Cabang: 35 Kantor.
  • Cakupan jaringan: 26 Kota.
  • ATM: 84 Unit.

*Data per Agustus 2019

Sejarah

Kehadiran Commonwealth Bank adalah bagian dari strategi jangka panjang CBA untuk memperluas bisnisnya di Asia Pasifik, khususnya di Indonesia dan Cina. Di Indonesia, ditandai dengan pembukaan kantor perwakilannya pada tahun 1992.

Pada tahun 1997, CBA mendirikan perusahaan patungan untuk menyediakan layanan perbankan korporasi bagi entitas bisnis Indonesia, dan kemudian menjadi Commonwealth Bank, dengan CBA sebagai pemegang saham mayoritas pada tahun 2000.

Pada tahun 2007, sebagai bagian dari rencana ekspansi untuk mengembangkan pasar Usaha Kecil dan Menengah (SME), Commonwealth Bank mengakuisisi Bank Artha Niaga Kencana (ANK) yang berbasis di Surabaya, yang memiliki kehadiran kuat di Jawa Timur. Akuisisi ini menetapkan jejak Commonwealth Bank untuk memperluas jangkauannya ke Indonesia Timur.

Pengakuan Eksternal

Commonwealth Bank menerima banyak ucapan terima kasih - baik domestik maupun internasional - yang mencerminkan keberhasilan perjalanan transformasi kami. Mencerminkan komitmen kami yang teguh untuk terus memenuhi kebutuhan perbankan pelanggan, kami dianugerahi:

  • Peringkat pertama Banking Service Excellence Monitoring (BSEM) 2019 dan 2018 oleh Marketing Research Indonesia & Infobank.
  • Aplikasi Digital Perbankan Pertama dengan Layanan Robo Advisory – Museum Rekor Indonesia (MURI)
  • Aplikasi Digital Perbankan Pertama yang Mengintegrasikan Informasi Kepemilikan Produk Wealth Management secara Menyeluruh – Museum Rekor Indonesia (MURI)
  • Best Frictionless Customer Experience Initiative, Application or Program for SmartWealth Bank Commonwealth – The Asian Banker Indonesia Awards 2019
  • Inclusive Banking Product and Service Award for Indonesia for the WISE program by Bank Commonwealth – The Asian Banker Indonesia Awards 2019
  • Social Media Initiative of the Year – Asian Banking & Finance Retail Banking Awards 2019
  • Best Wealth Manager – Rising Star – The Asset Triple A
  • The Most Efficient Bank BUKU 2 – Bisnis Indonesia Financial Award 2019

 

Kuat dan Percaya Diri

Commonwealth Bank mempertahankan peringkat nasional jangka panjang 'AAA' dengan Outlook Stabil sejak 2010 dari PT. Fitch Ratings Indonesia (Fitch), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fitch Ratings Ltd. ‘AAA’ adalah peringkat tertinggi yang diberikan kepada penerbit utang mana pun, yang mencerminkan tingkat kelayakan kredit Bank yang tinggi dengan kapasitas terkuat untuk membayar investor. Peringkat tersebut memungkinkan Commonwealth Bank untuk menarik harga penerbitan instrumen utang lokal untuk mendanai pertumbuhan di masa depan.

Sebagai salah satu pasar terpenting di Asia, Indonesia menawarkan peluang pertumbuhan yang substansial. Dengan layanan keuangan yang kuat sebagai dasar perusahaan Bank, CBA akan terus memberikan dukungan luas dan berharap untuk melihat Commonwealth Bank memainkan peran penting dan membawa pengaruh positif terhadap sektor perbankan Indonesia.

Keberlanjutan

Bank selalu memandang bahwa keuntungan moneter bukan semata-mata tujuan bisnis. Yang tidak kalah penting adalah kegiatan sosial yang telah dilakukan Bank, sebagai bagian dari memberikan kembali kepada masyarakat dan landasan untuk membangun perusahaan yang berkelanjutan.

Salah satu hal yang patut disebutkan adalah program literasi keuangan Womenprenuer Indonesia for Sustainable and Empowerment (WISE) untuk wirausaha perempuan, bekerja sama dengan komunitas dan partners untuk berbagi pengetahuan tentang bisnis dan keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan finansial. Rincian lebih lanjut dari program ini dapat ditemukan di https://wise-indonesia.com/