
Keamanan Perbankan
- Langkah – langkah mudah untuk menjaga keamanan perbankan anda
Bank Commonwealth memiliki komitmen untuk menyediakan lingkungan perbankan yang aman bagi nasabah. Dengan ini kami ingin berbagi beberapa petunjuk untuk membantu Anda menghindari penipuan serta memberikan pengalaman perbankan yang aman bagi Anda.
Petunjuk keamanan perbankan secara umum:
- Lakukan pengecekan secara teratur. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan laporan keuangan Anda dan jika menemukan kejanggalan segera hubungi cabang terdekat atau melalui Call Commbank kami di 15000 30 dan (62 21) 15000 30 untuk akses internasional. Dengan pemeriksaan secara berkala (seperti satu kali dalam seminggu) Anda dapat mengidentifikasi transaksi tidak sah lebih dini.
- Jaga PIN Anda. Pastikan PIN Anda tidak mudah diketahui dan tidak memberitahukan kepada siapapun. Untuk pemakaian PIN, hindari menggunakan informasi pribadi seperti tanggal ulang tahun, nomor telepon, atau nomor identifikasi pribadi lainnya. Untuk lebih meningkatkan keamanan, kami sarankan PIN dibuat dengan kombinasi angka yang unik.
- Waspadai penipuan. Anda perlu berhati-hati ketika menerima telepon dari seseorang yang meminta data pribadi Anda dan mengaku sebagai salah satu karyawan Bank, karena Bank TIDAK pernah mengizinkan karyawan Bank untuk meminta data pribadi nasabah. Selain itu Anda juga perlu mewaspadai permintaan data pribadi dari email tidak dikenal, surat berantai, ataupun pihak yang mengaku sebagai perwakilan dari pemerintah/lembaga keuangan atau bisnis.
- Jangan bagikan informasi Anda kepada orang lain. Jangan memberikan informasi pribadi seperti rincian rekening bank, fotokopi identitas Anda, akte kelahiran ataupun data pribadi lain kepada siapapun.
- Perhatikan semua transaksi yang Anda lakukan. Jangan pernah menandatangani formulir penarikan, formulir transfer, formulir yang berhubungan dengan transaksi yang masih kosong.
- Penggunaan ATM
- Segera tanda tangani Kartu yang Anda terima dari Bank
- Setelah Anda menerima lembar notifikasi mengenai PIN ATM maka segeralah mengganti PIN ATM Anda. Ingatlah PIN Anda dan hancurkan lembar notifikasi sesegera mungkin.
- Pastikan bahwa hanya Anda yang mengetahui PIN ATM Anda. Dihimbau untuk tidak mencatat nomor PIN ATM Anda pada media apapun terutama di dalam dompet.
- Berhati-hatilah ketika melakukan transaksi di ATM.
- Berhati-hatilah bila ada orang yang mengarahkan Anda ke ATM tertentu, lindungi kartu ATM dan PIN Anda
- Apabila Anda melihat sesuatu yang janggal pada fisik mesin ATM (misalnya ada tambahan alat pada slot kartu atau tombol keypad yang tidak sempurna terpasang) atau terdapat pemberitahuan mengenai gangguan pada ATM jangan gunakan mesin tersebut. Laporkan segera kepada Bank secepatnya Ketika menggunakan ATM, harap menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat memasukan PIN ke ATM.
- Setelah selesai bertransaksi pada ATM, jangan lupa untuk mengambil kembali kartu Anda sebelum meninggalkan area ATM.
- Simpan uang anda dengan segera. Hitung uang anda kemudian dan selalu simpan tanda terima.
- Apabila kartu anda tersangkut atau tertelan, pastikan anda menghubungi call center Commbank di 15000 30 dan (62 21) 15000 30 untuk akses internasional.. dan jangan menerima saran dari pihak manapun untuk menelpon nomor telepon selain nomor telepon resmi Bank.
- Jika Kartu ATM Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30 dan (62 21) 15000 30 untuk akses internasional.
- Selalu waspada. Utamakan keselamatan Anda. Apabila ada orang mencurigakan, segera batalkan transaksi dan gunakan mesin ATM lainnya. Jangan menerima bantuan dari siapapun dan usahakan saat bertransaksi Anda tidak terganggu oleh hal lain. Apabila ada seseorang yang mengikuti anda setelah anda melakukan transaksi ATM, pergilah ketempat keramaian dan telepon polisi.
- Penggunaan Kartu Debit
- Periksa nilai transaksi Anda apakah sudah sesuai dengan yang Anda lakukan.
- Ketika melakukan transaksi menggunakan Kartu Debet di Merchant, selalu ikuti keberadaan Kartu ATM Anda.
- Ketika menggunakan kartu ATM, harap menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat memasukan PIN ke mesin EDC.
- Cek tanda terima transaksi debet dengan laporan transaksi. Segera hubungi Bank apabila ada transaksi yang mencurigakan.
- Simpan laporan transaksi, tanda terima transaksi dan dokumen keuangan Anda dengan aman dan apabila sudah tidak dibutuhkan hancurkan dengan merobek sebelum dibuang.
- Potong kartu Anda yang telah kadaluarsa dengan menggunting magnetic strip atau chip saat kartu pengganti telah Anda terima. Hal ini disarankan karena magnetic strip menyimpan data elektronik Nasabah sehingga harus segera dihancurkan agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Jika Anda mencurigai sesuatu, silahkan hubungi kami segera dengan mengunjungi cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30 dan (62 21) 15000 30 untuk akses internasional.
- Buku tabungan
- Simpan di tempat yang aman dan tidak mudah terlihat.
- Jangan berikan buku tabungan Anda kepada orang lain.
- Jangan pernah menandatangani formulir transaksi kosong seperti pemindah bukuan, perubahan data nasabah, dll.
- Jika buku tabungan Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30 dan (62 21) 15000 30 untuk akses internasional.
- Menciptakan PIN yang aman dan menjaga PIN
Untuk bertransaksi baik melalui ATM maupun Internet Banking dan Mobile Banking. Beberapa tips untuk mengamankan PIN Anda adalah sebagai berikut:
- Ganti PIN ATM Anda secara berkala untuk menghindari pemakaian oleh pihak tidak bertanggung jawab. Anda dapat merubah PIN ATM Anda melalui mesin ATM Bank Commonwealth dan untuk merubah PIN Token Anda silahkan melihat pada Token.
- Pastikan bahwa Anda menjaga dan tidak memberitahu kepada siapapun PIN ATM maupun PIN Token Anda.
- Gunakanlah nomor Pin yang berbeda untuk PIN ATM dan PIN Token Anda.
- Jangan membuat PIN yang merupakan pengulangan dari User ID.
- Jangan menggunakan PIN yang mudah ditebak oleh orang lain, seperti tanggal kelahiran ataupun nomor PIN yang berurut seperti 1234565 atau merupakan pengulangan seperti 333333.
- Hindari mencatat Nomor Pin dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet. Bank Commonwealth tidak akan pernah menanyakan PIN Anda, serta mengharuskan Anda memberikan informasi rahasia melalui media yang tidak aman seperti e-mail. Waspadai e-mail yang menanyakan informasi rahasia yang berhubungan dengan akun pribadi Anda seperti No. Rekening/User ID/No Kartu/ PIN.
- Cek akun Anda secara regular dan segera hubungi Call Commbank kami apabila ada aktivitas yang mencurigakan dan sebaiknya Anda segera mengganti PIN Anda.
- Keamanan Mobile Banking
Ponsel menawarkan kenyamanan mengelola portofolio keuangan Anda, mentransfer dana, dan menyelesaikan perbankan sehari-hari Anda membutuhkannya dimanapun Anda berada. Penting untuk diingat bahwa Anda harus berhati-hati tentang bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda, dan bahwa, seperti komputer, kebutuhan mobile Anda harus tetap aman untuk melindungi Anda dari pencurian identitas atau penipuan transaksi. Beberapa langkah keamanan sederhana yang harus Anda lakukan, antara lain:
- Gunakan Aplikasi Mobile Banking Bank Commonwealth yang resmi dan segera Log out setelah selesai bertransaksi.
- Bagi pengguna BlackBerry download Aplikasi resmi Mobile Banking Bank Commonwealth melalui m.commbank.co.id atau melalui aplikasi BB Appworld dengan mencari “Commbank ID” lalu download aplikasi tersebut ke dalam ponsel Anda.
- Bagi pengguna iPhone/iPad download Aplikasi resmi Mobile Banking Bank Commonwealth melalui Appstore dengan mencari “Commbank ID” lalu download aplikasi tersebut ke dalam ponsel Anda.
- Mobile Banking Bank Commonwealth telah dilengkapi oleh Security Socket Layer untuk menjamin keamanan Anda bertransaksi menggunakan aplikasi ini namun ada baiknya apabila Anda memiliki perangkat lunak antivirus/spyware pada ponsel Anda
- Harap untuk tidak menginstal aplikasi yang tidak jelas asalnya ke ponsel maupun tablet Anda
- Hindari menggunakan koneksi internet WI-FI pada area public saat bertransaksi online menggunakan Mobile Banking . Bertransaksilah menggunakan jaringan WI-FI yang dapat Anda percayai keamanannya.
- Gunakanlah password atau pass code pada ponsel maupun tablet Anda dan segera mengunci ponsel atau tablet Anda saat tidak Anda gunakan. Pastikan hanya Anda yang mengetahui password/passcode ponsel/tablet Anda.
- Segera hapus pesan lama yang mengandung informasi keuangan Anda.
- Pastikan tidak ada orang lain yang melihat ketika Anda memasukkan PIN Token Anda ketika menggunakan Mobile Banking di area publik.
- Apabila Anda menerima SMS mencurigakan mengatasnamakan Bank Commonwealth, segera hubungi Call Commbank untuk mengecek kebenarannya.
- Jangan merespon SMS maupun email yang berhubungan informasi perbankan Anda
- Sebelum menjual ponsel maupun tablet Anda, pastikan Anda telah mereset ponsel/tablet Anda sehingga seluruh informasi terhapus.
- Apabila ponsel Anda dicuri, segera beritahukan provider telekomunikasi Anda untuk memblokir nomor tersebut. Segera ganti password akun online yang terakses melalui ponsel anda. Selalu perbarui informasi Anda pada Bank sehingga Bank dapat langsung menghubungi ketika terdapat aktivitas mencurigakan pada akun Anda.
- Jika Token Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30 dan (62 21) 15000 30 untuk akses internasional.
- Keamanan Internet Banking
Beberapa langkah keamanan yang dapat Anda lakukan:
- Sebaiknya tidak mengakses Internet Banking Bank Commonwealth di Warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
- Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sebentar/sesaat.
- Jangan pernah membalas email atau telepon kepada siapa pun (termasuk dengan alasan mengidentifikasi diri mereka sebagai karyawan Bank) yang meminta password atau PIN Anda
- Kunjungi situs resmi Bank dengan mengetikkan www.commbank.co.id pada address bar dan hindari meng-klik link yang terdapat pada e-mail mengatasnamakan Bank Commonwealth. Pastikan Anda memiliki up-to-date anti-virus dan program spyware dan melakukan scan sistem yang teratur
- Lindungi Token Anda termasuk username dan password
- Jika Token Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 1500030.
Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Harap hubungi Cabang terdekat kami atau Call Commbank di 15000 30 dan (62 21) 15000 30 untuk akses internasional.. Sebagai nasabah kami, Anda dapat tetap merasa aman bersama Bank Commonwealth yang didukung oleh para professional perbankan yang berkomitmen tinggi.
Terimakasih telah menjadi nasabah kami dan atas kepercayaan yang Anda berikan kepada Bank Commonwealth.
- Apa Itu Phishing ?
Phising adalah salah satu bentuk teknik social engineering untuk memperoleh informasi rahasia seseorang secara ilegal. Phising dapat dalam bentuk e-mail palsu yang seolah-olah berasal dari Bank, perusahaan kartu kredit,dll untuk memperoleh informasi seperti PIN, Password, atau data atau informasi nasabah.
Tips untuk menghindari Phising
- Pastikan Anda mengakses Internet Banking Bank Commonwealth melalui alamat resmi situs www.commbank.co.id dan klik tombol LOGIN atau langsung ke halaman login Internet Banking Bank Commonwealth.
- Untuk menghindari kesalahan penulisan alamat situs Bank Commonwealth, simpan alamat situs pada menu favorites atau bookmarks. Sehingga untuk selanjutnya jika Anda ingin mengakses Internet Banking Bank Commonwealth, cukup memilih dari menu favorites atau bookmarks.
- Berhati-hati terhadap e-Mail yang mendesak Anda untuk mengakses link untuk melakukan update informasi rekening, terutama isi e-Mail yang mengandung sapaan umum seperti ‘Kepada Bapak/Ibu Yth’ yang mempunyai kesalahan penulisan ataupun ejaan yang tidak sempurna.
- Apabila Anda menerima e-Mail yang mencurigakan dengan tampilan seperti e-Mail resmi, maka sebaiknya Anda melakukan:
- Meneruskan (forward) e-Mail tersebut ke Customer Care untuk mengkonfirmasi kebenaran e-Mail atau menginformasikan ke Call CommBank 1500030.
- Menghapus e-Mail tersebut jika Anda yakin e-Mail tersebut bukan berasal dari Bank atau setelah mendapatkan konfirmasi dari Bank.
- Menghapus e-Mail tersebut dan memastikan menghapus e-Mail dari ‘trash’ atau ‘recyle bin’
- Mengunjungi halaman website dengan cara mengetik alamat web (tidak mengklik link yang diberikan di e-Mail tersebut).
- Apabila Anda terlanjur mengisi informasi yang diminta atau merasa bahwa User ID dan PIN Anda sudah tidak rahasia lagi, segera hubungi Call CommBank pada nomor 1500030.
- Jangan mudah memberikan informasi mengenai data pribadi nasabah kepada pihak lain.
- Jangan pernah memberikan informasi perbankan Anda seperti PIN ATM, No Kartu, User ID, password Internet Banking (IB) /Mobile Banking (MB) kepada siapapun juga, termasuk kepada pihak-pihak yang mengaku dari pihak Bank.
- Pihak Bank tidak pernah menanyakan password atau PIN kepada nasabah.
- Ketika melakukan transaksi menggunakan Internet Banking agar selalu menggunakan jaringan dengan akses yang terbatas misalnya menggunakan jaringan di kantor atau rumah, dan tidak menggunakan jaringan di area publik free wi-fi yang dengan mudah diakses oleh banyak orang.
- Lakukan pengecekan akun rekening Bank secara berkala melalui IB/MB. Segera laporkan ke pihak Bank jika menemukan transaksi yang tidak Anda kenali.
- Lakukan pengkinian PIN/ password secara berkala.
- Lakukan pengkinian software anti virus pada perangkat hardware yang digunakan untuk mengakses jaringan internet, secara berkala.
- Tidak mengakses situs-situs yang berisiko tinggi dan menggandung banyak konten tambahan seperti iklan, game online, additional window, dll., pada perangkat hardware yang sering digunakan untuk bertransaksi online.
- Tunda transaksi, segera laporkan atau lakukan konfirmasi melalui layanan Call CommBank, apabila menemukan hal-hal yang tidak lazim pada situs resmi Bank Commonwealth www.commbank.co.id
- Lakukan back up data pribadi secara berkala.
- Daftarkan diri untuk memperoleh SMS atau e-Mail notifikasi transaksi sehingga dalam hal terdapat transaksi atas rekening yang dilakukan tanpa sepengetahuan/ otorisasi dapat segera diketahui oleh Anda.
- Segera lakukan sanggahan dan permintaan blokir rekening saat diketahui terdapat transaksi yang terjadi di luar sepengetahuan/ otorisasi Anda.
Malicios Software (perangkat perusak)
Malicios Software atau yang biasa disebut dengan Malware, yaitu software yang digunakan untuk tujuan yang tidak bertanggung jawab, khususnya untuk merusak atau mengganggu sebuah sistem aplikasi, mengambil informasi rahasia atau mengakses komputer pribadi atau sistem. Contohnya seperti Trojan, Worm, Spywares dan lain-lain.
Trojan adalah program perangkat lunak yang dapat muncul sebagai aplikasi berbahaya. Trojan tidak mereplikasi diri mereka sendiri dan mengklaim untuk membersihkan computer dari virus atau aplikasi berbahaya lainnya. Trojan dapat muncul sebagai pop-up atau tidak muncul sama sekali dan dapat merusak secara diam-diam.
Worms adalah program yang dapat merusak dan mengeksploitasi komputer pada sebuah jaringan melalui lubang keamanan (security holes). Setelah lubang keamanan ditemukan, Worms akan mereplikasi diri dari komputer ke komputer yang juga dapat bersifat merusak seperti virus.
Spyware adalah jenis perangkat lunak yang secara diam-diam mengumpulkan informasi pengguna di Internet.
Adware adalah jenis spyware yang digunakan untuk melacak kebiasaan pengguna internet, seperti jenis web yang dikunjungi, artikel yang dibaca atau tautan lain yang sering dikunjungi. Informasi tersebut digunakan untuk menyesuaikan iklan yang akan muncul langsung kepada pengguna.
Tips aman untuk bertransaksi :
- Bersihkan device Anda dari Malware dengan perangkat lunak anti-virus, anti-spyware atau program lainnya yang dapat dipercaya.
- Jangan login IB terlebih dahulu, sebelum perangkat Anda bersih dari Malware.
- Pastikan Anda mengetik alamat URL IB Bank Commonwealth dengan benar. Untuk amannya simpanlah alamat (bookmark) tersebut dalam browser Anda.
- Respon token Internet/Mobile Banking Bank Commonwealth akan diminta saat melakukan transaksi transfer termasuk Own Account transfer.
- Jika Anda melihat ada hal yang tidak wajar dalam melakukan transaksi internet banking, hentikan transaksi Anda, segera log-out, dan hubungi Call CommBank.
- Apa Itu ATM Skimming ?
ATM skimming adalah tindakan mengambil data rekening secara ilegal dari strip magnetik Kartu ATM/Debit atau Kartu Kredit dan PIN ketika Anda menggunakan mesin ATM. Skimming juga bisa terjadi pada saat Anda melakukan transaksi pembayaran menggunakan mesin EDC.
Pelaku skimming kemudian memanfaatkan data Anda untuk membuat kartu palsu atau kartu 'kloning'. Dalam banyak kasus, pelaku skimming menggunakan kartu palsu dan PIN untuk menarik uang dari mesin ATM baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Bagaimana alat skimming bekerja?
Untuk melakukan ATM skimming, pelaku biasanya:
- Memasang perangkat pada slot kartu di mesin ATM untuk mengambil data pada kartu, dan
- Memasang kamera untuk melihat keypad untuk mengintip dan mengetahui nomor PIN.
Untuk EDC skimming, pelaku mengambil rincian data di kartu dan nomor PIN dengan mengganti perangkat EDC asli dengan perangkat tiruan yang terlihat dan bekerja seperti perangkat EDC normal.
EDC skimming sulit untuk dideteksi dan tidak akan teridentifikasi sampai Anda atau Bank menemukan transaksi yang tidak biasa pada rekening Anda.
Apa yang Bank Commonwealth lakukan untuk melindungi rekening nasabah dari ATM skimming?
Kami selalu berusaha mencegah kasus ATM skimming dengan sangat serius dan dengan menggunakan teknologi terdepan secara berkala, diantaranya:
- Memonitor mesin ATM 24 jam dan mendeteksi jika seseorang memasang perangkat skimming. Bila terjadi pemasangan alat skimming, tim security kami akan segera datang ke lokasi dan memeriksa mesin ATM secara keseluruhan untuk memastikan alat skimming ditemukan.
- Memantau dan memonitor transaksi ATM nasabah selama 24 jam - jika terdapat transaksi yang mencurigakan maka petugas Bank kami akan segera menghubungi nasabah untuk mengkonfirmasi transaksi dan mencegah kerugian lebih lanjut.
Kami juga selalu memantau kasus - kasus ATM skimming yang terjadi, baik di lokal dan internasional, untuk memastikan kami menyadari dan mengantisipasi jenis- jenis penipuan terbaru.
Tanda-tanda mencurigakan terkait ATM skimming – Apa yang harus nasabah waspadai?
Anda dapat mengidentifikasi tanda-tanda mencurigakan terkait ATM skimming dengan beberapa cara di bawah ini:
- Apakah mesin ATM terlihat seperti biasanya? Waspadai perubahan fisik atau penambahan perangkat baru yang tidak biasa.
- Apakah ada tanda-tanda tindak vandalism di mesin ATM? Waspada ketika Anda dapat melihat sisa lem, kabel terbuka, potongan double tape dll.
- Anda melihat sesuatu yang mencurigakan pada slot kartu pada ATM (misalnya terdapat perangkat tambahan).
- Seorang asisten toko mengambil kartu Anda dan hilang dari pandangan Anda untuk memproses transaksi Anda.
- Seorang asisten toko meminta Anda untuk menggesek kartu Anda melalui lebih dari satu mesin EDC.
- Anda melihat transaksi ATM yang tidak biasa atau tidak Anda ketahui pada laporan rekening tabungan Anda.
Jika Anda melihat atau mengalami salah satu dari tanda-tanda mencurigakan diatas, JANGAN lakukan transaksi lebih lanjut dan segera hubungi Call Commbank di 15000 30 dan (62 21) 15000 30 untuk akses internasional.
- Tips Aman Bertransaksi: Waspada terhadap Cyber Crime Phising /Malware
Phising adalah modus kejahatan penipuan dengan menciptakan suatu alamat situs palsu atau tidak resmi dari suatu perusahaan yang bertujuan untuk memancing pengguna internet memberikan data informasi diri dimana target korban pada umumnya adalah pengguna online banking atau dapat juga dilakukan melalui surat elektronik (e-Mail) yang membuat para penggunanya memasukkan rincian informasi melalui situs palsu tersebut untuk mendapatkan informasi-informasi rahasia nasabah seperti User ID dan PIN.
Tips untuk menghindari Phising
- Pastikan Anda mengakses Internet Banking Bank Commonwealth melalui alamat resmi situs www.commbank.co.id dan klik tombol LOGIN atau langsung ke halaman login Internet Banking Bank Commonwealth.
- Untuk menghindari kesalahan penulisan alamat situs Bank Commonwealth, simpan alamat situs pada menu favorites atau bookmarks. Sehingga untuk selanjutnya jika Anda ingin mengakses Internet Banking Bank Commonwealth, cukup memilih dari menu favorites atau bookmarks.
- Berhati-hati terhadap e-Mail yang mendesak Anda untuk mengakses link untuk melakukan update informasi rekening, terutama isi e-Mail yang mengandung sapaan umum seperti ‘Kepada Bapak/Ibu Yth’ yang mempunyai kesalahan penulisan ataupun ejaan yang tidak sempurna.
- Apabila Anda menerima e-Mail yang mencurigakan dengan tampilan seperti e-Mail resmi, maka sebaiknya Anda melakukan:
- Meneruskan (forward) e-Mail tersebut ke Customer Care untuk mengkonfirmasi kebenaran e-Mail atau menginformasikan ke Call CommBank 1500030.
- Menghapus e-Mail tersebut jika Anda yakin e-Mail tersebut bukan berasal dari Bank atau setelah mendapatkan konfirmasi dari Bank.
- Menghapus e-Mail tersebut dan memastikan menghapus e-Mail dari ‘trash’ atau ‘recyle bin’
- Mengunjungi halaman website dengan cara mengetik alamat web (tidak mengklik link yang diberikan di e-Mail tersebut).
- Apabila Anda terlanjur mengisi informasi yang diminta atau merasa bahwa User ID dan PIN Anda sudah tidak rahasia lagi, segera hubungi Call CommBank pada nomor 1500030.
- Jangan mudah memberikan informasi mengenai data pribadi nasabah kepada pihak lain.
- Jangan pernah memberikan informasi perbankan Anda seperti PIN ATM, No Kartu, User ID, password Internet Banking (IB) /Mobile Banking (MB) kepada siapapun juga, termasuk kepada pihak-pihak yang mengaku dari pihak Bank.
- Pihak Bank tidak pernah menanyakan password atau PIN kepada nasabah.
- Ketika melakukan transaksi menggunakan Internet Banking agar selalu menggunakan jaringan dengan akses yang terbatas misalnya menggunakan jaringan di kantor atau rumah, dan tidak menggunakan jaringan di area publik free wi-fi yang dengan mudah diakses oleh banyak orang.
- Lakukan pengecekan akun rekening Bank secara berkala melalui IB/MB. Segera laporkan ke pihak Bank jika menemukan transaksi yang tidak Anda kenali.
- Lakukan pengkinian PIN/ password secara berkala.
- Lakukan pengkinian software anti virus pada perangkat hardware yang digunakan untuk mengakses jaringan internet, secara berkala.
- Tidak mengakses situs-situs yang berisiko tinggi dan menggandung banyak konten tambahan seperti iklan, game online, additional window, dll., pada perangkat hardware yang sering digunakan untuk bertransaksi online.
- Tunda transaksi, segera laporkan atau lakukan konfirmasi melalui layanan Call CommBank, apabila menemukan hal-hal yang tidak lazim pada situs resmi Bank Commonwealth www.commbank.co.id
- Lakukan back up data pribadi secara berkala.
- Daftarkan diri untuk memperoleh SMS atau e-Mail notifikasi transaksi sehingga dalam hal terdapat transaksi atas rekening yang dilakukan tanpa sepengetahuan/ otorisasi dapat segera diketahui oleh Anda.
- Segera lakukan sanggahan dan permintaan blokir rekening saat diketahui terdapat transaksi yang terjadi di luar sepengetahuan/ otorisasi Anda.
Malicios Software (perangkat perusak)
Malicios Software atau yang biasa disebut dengan Malware, yaitu software yang digunakan untuk tujuan jahat, khususnya untuk merusak atau mengganggu sebuah sistem, mengambil informasi rahasia atau mengakses komputer pribadi atau sistem. Contohnya seperti Trojan, Worm, Spywares dll.
Trojan adalah program perangkat lunak yang dapat muncul sebagai aplikasi berbahaya. Trojan tidak mereplikasi diri mereka sendiri dan mengklaim untuk membersihkan computer dari virus atau aplikasi berbahaya lainnya. Trojan dapat muncul sebagai pop-up atau tidak muncul sama sekali dan dapat merusak secara diam-diam.
Worms adalah program yang dapat merusak dan mengeksploitasi komputer pada sebuah jaringan melalui lubang keamanan (security holes). Setelah lubang keamanan ditemukan, Worms akan mereplikasi diri dari komputer ke komputer yang juga dapat bersifat merusak seperti virus.
Spyware adalah jenis perangkat lunak yang secara diam-diam mengumpulkan informasi pengguna di Internet.
Adware adalah jenis spyware yang digunakan untuk melacak kebiasaan pengguna internet, seperti jenis web yang dikunjungi, artikel yang dibaca atau tautan lain yang sering dikunjungi. Informasi tersebut digunakan untuk menyesuaikan iklan yang akan muncul langsung kepada pengguna.
Tips aman untuk bertransaksi :
- Bersihkan device Anda dari Malware dengan perangkat lunak anti-virus, anti-spyware atau program lainnya yang dapat dipercaya.
- Jangan login IB terlebih dahulu, sebelum perangkat Anda bersih dari Malware.
- Pastikan Anda mengetik alamat URL IB Bank Commonwealth dengan benar. Untuk amannya simpanlah alamat (bookmark) tersebut dalam browser Anda.
- Respon token Internet/Mobile Banking Bank Commonwealth akan diminta saat melakukan transaksi transfer termasuk Own Account transfer.
- Jika Anda melihat ada hal yang tidak wajar dalam melakukan transaksi internet banking, hentikan transaksi Anda, segera log-out, dan hubungi Call CommBank.
- Hati-hati dengan kejahatan duplikasi SIM Card
Apa itu kejahatan duplikasi SIM Card?
Proses pengambilalihan nomor ponsel dengan menggunakan data-data identitas diri seperti KTP, SIM, dan sebagainya untuk mendapatkan SIM Card baru dengan nomor yang sama dengan nomor ponsel untuk mengakses rekening perbankan melalui layanan transaksi elektronik seperti internet banking, mobile banking, dan SMS banking yang umumnya mengirimkan kode otentikasi transaksi ke nomor ponsel.
Proses duplikasi dilakukan pelaku kejahatan ketika nomor ponsel Anda dalam keadaan tidak aktif.Tips untuk keamanan Anda
- Jaga kerahasiaan informasi pribadi (data personal, data perbankan, password internet banking / mobile banking, PIN ATM, dan lain sebagainya) dan jangan berbagi informasi tersebut kepada siapapun.
- Aktifkan layanan short message services (SMS) dan e-mail alert untuk menerima notifikasi transaksi perbankan Anda.
- Jangan mempublikasikan nomor ponsel Anda di akun media sosial.
- Sedapat mungkin gunakan nomor ponsel yang berbeda untuk transaksi perbankan Anda dengan yang digunakan untuk media sosial.
- Tutupi nomor rekening Anda yang tertera pada bukti transaksi elektronik perbankan Anda apabila diminta bukti transaksi pembayaran oleh orang lain melalui short message services (SMS), whatsapp, email atau sarana media komunikasi lainnya.
- Lindungi ponsel Anda dengan password.
- Petugas bank tidak pernah meminta informasi rahasia transaksi seperti password internet banking/mobile banking, PIN ATM, dan lain sebagainya.
- Segera hubungi petugas bank atau Call CommBank 1500030 (lokal akses) atau (6221) 1500030 (akses internasional) untuk memblokir rekening Anda apabila Anda mencurigai adanya kemungkinan seseorang mengakses rekening Anda tanpa sepengetahuan Anda.
"Waspadalah disaat Anda melakukan transaksi perbankan. Jika ada masalah atau kecurigaan disaat Anda melakukan transaksi, segera Hubungi Call Commbank 1500030 atau (6221) 2935 – 2935 untuk akses internasional"