SID dan Akses KSEI

Daftar SID sekarang, untuk beli Produk Reksa Dana dan Obligasi Rupiah


Apakah Single Investor Identification (SID)?
Single Investor Identification (SID) adalah nomor identitas tunggal yang diterbitkan oleh KSEI (PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia) dan merupakan salah satu syarat utama untuk memulai investasi produk Reksa Dana dan Obligasi Rupiah. SID ini berfungsi sebagai bukti bahwa Anda telah resmi terdaftar sebagai salah satu investor di pasar modal. Setiap investor hanya akan mendapatkan satu nomor SID, yang berisi 3 (tiga) huruf dan 12 (dua belas) digit angka yang menjadi kode identitas perorangan.

Bagaimana Cara Pendaftaran SID di Bank Commonwealth?
Anda dapat melakukan pendaftaran SID melalui:

  • Aplikasi CommBank SmartWealth, untuk detail lebih lanjut klik disini
  • Relationship Manager (RM) Anda atau mengunjungi Kantor Cabang Bank Commonwealth terdekat

Yuk, persiapkan SID Anda dan jangan sampai ketinggalan berinvestasi di produk Reksa Dana dan Obligasi Rupiah!

AKSES KSEI
Merujuk kepada Surat Edaran OJK Nomor 1/SEOJK.04/2020 tentang Tata Cara Penyampaian Surat atau Bukti Konfirmasi Dan Laporan Berkala Reksa Dana Secara Elektronik Melalui Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu, bersama ini kami sampaikan informasi sebagai berikut:

  1. Efektif per tanggal 17 Februari 2021, terdapat perubahan tata cara penyampaian surat atau bukti konfirmasi transaksi Reksa Dana dan laporan berkala Reksa Dana yang saat ini dikirimkan oleh Bank Kustodian dalam format cetak atau surat (hardcopy) berubah menjadi format elektronik, dengan tata cara berikut ini:
    1. Nasabah melakukan pendaftaran dan aktivasi akun pada AKSes KSEI (“Akun Nasabah”) dengan menggunakan alamat email yang valid sebagai UserID AKSes KSEI. Petunjuk pendaftaran dan aktivasi Akun Nasabah di layanan AKSes KSEI tersedia pada tautan berikut ini: Registrasi Akun
    2. Nasabah dapat melihat bukti konfirmasi transaksi Reksa Dana dan laporan berkala Reksa Dana secara elektronik melalui layanan fasilitas Acuan Kepemilikan Sekuritas (”AKSes”) yang disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (”KSEI”) melalui tautan https://akses.ksei.co.id dengan menggunakan Akun Nasabah sebagaimana butir 1.a di atas.
  2. Dengan diberlakukannya layanan fasilitas AKSes KSEI tersebut maka selanjutnya penyampaian bukti konfirmasi dan laporan bulanan Reksa Dana oleh Bank Kustodian dalam format cetak atau surat (hardcopy) akan dihentikan, kecuali bagi Nasabah yang menyatakan tidak setuju untuk menerima bukti konfirmasi dan laporan berkala Reksa Dana secara elektronik.
  3. Untuk kelancaran dan kenyamanan transaksi, mohon agar Anda memastikan alamat email Anda sudah terdaftar dengan benar pada sistem Bank Commonwealth. Apabila alamat email Anda belum terdaftar atau terdapat perubahan alamat email, harap Anda melakukan pengkinian data alamat email di Bank Commonwealth.

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Relationship Manager Anda atau  Call CommBank  di 15000 30  atau  (6221)  2935 2935  bagi Anda yang berada di luar negeri atau melalui email ke customercare@commbank.co.id.