Valuta Asing

TRANSAKSI VALUTA ASING
Solusi mudah dan cepat untuk memenuhi kebutuhan valuta asing Anda melalui layanan Internet/Mobile Banking dan FX Order Watch.

Transaksi Valuta Asing adalah layanan transaksi jual beli valuta asing untuk memenuhi kebutuhan anda dalam melakukan pembayaran dalam mata uang asing, maupun lindung nilai (hedging) terhadap kewajiban atau kekayaan nasabah.

JENIS LAYANAN

Commonwealth Bank menyediakan valuta asing dalam 8 pilihan mata uang, antara lain:

  •  Dollar Amerika Serikat (USD)
  •  Dollar Australia (AUD)
  •  Euro (EUR)
  •  Poundsterling (GBP)
  •  Dollar Singapura (SGD)
  •  Yen Jepang (JPY)
  •  Yuan Cina (RMB)
  •  Dollar New Zealand (NZD)

SOLUSI LAYANAN VALUTA ASING



FX Order Overnight Watch

Fasilitas instruksi pemesanan transaksi FX dengan rate yang ditentukan nasabah dengan instruksi settlement secara otomatis jika instruksi tereksekusi. Nasabah dapat bertransaksi di rate sesuai keinginan nasabah tanpa batasan waktu transaksi

Market Update
Update berita tentang kondisi pasar mata uang oleh team Treasury Commonwealth Bank. Nasabah dapat menerima berita terbaru melalui telepon ataupun media SMS.
Informasi yang disiapkan dan disebarkan oleh tim Treasury Commonwealth Bank dibuat berdasarkan informasi yang tersedia secara publik dan berasal dari sumber yang dinilai terpercaya. Informasi yang tersedia dan Kurs valuta asing bisa berubah setiap saat tanpa pemberitahuan .


Transaksi jual beli valuta asing yang tersedia:

Transaksi Today, Tomorrow, dan Spot

  •  Transaksi dilakukan pada hari ini, menggunakan nilai tukar saat ini
  •  Delivery period tidak lebih dari 2 hari kerja setelah tanggal transaksi
Forward
  •  Transaksi dilakukan pada hari ini, menggunakan nilai tukar yang ditentukan saat ini juga
  •  Delivery period di masa yang akan datang (melebihi dua hari kerja)

Ilustrasi Transaksi Forward

Pada tanggal 1 Juni 2017, PT. ABC menerima invoice sebesar USD 100,000 dari XYZ.LTD untuk transaksi perdagangan import. Invoice diterima akan jatuh tempo pada 31 Agustus 2017. Untuk mengurangi resiko valuta Asing, PT.ABC melakukan kontrak transaksi Forward dengan Bank Commonwealth.
Harga Spot Bank Jual USDIDR pada tanggal 1 juni 2017 berada di 13,300 dan nilai premium untuk transaksi forward yang akan jatuh tempo 31 Agustus 2017 adalah 300 poin. Total Nilai transaksi USDIDR untuk kontrak forward yang jatuh tempo 31 Agustus dari 1 Juni 2017 menjadi 13,600.

Tanggal Transaksi

Tanggal Jatuh Tempo

1 Juni 2017

31 Agustus 2017

PT. ABC setuju untuk kontrak membeli USD 100,000  dari Bank Commonwealth pada tanggal 31 Agustus 2017 dengan nilai 13,600

Bank Commonwealth men-debit IDR 1,360,000,000 dari Rekening PT. ABC dan meng kreditkan USD 100,000 kepada PT.ABC sebagai penyeselaian kontrak forward.



Kewajiban Penggunaan Rupiah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia


Bank Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia No. 17/3/PBI/2015 dan Surat Edaran BI No. 17/11/DKSP tentang Kewajiban Penggunaan Rupiah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal-hal yang diatur didalamnya adalah:

  1. Setiap pihak wajib menggunakan Rupiah dalam transaksi yang dilakukan di wilayah NKRI, baik untuk transaksi tunai maupun non tunai.
  2. Transaksi sebagaimana dimaksud meliputi setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, penyelesaian kewajiban lainnya yang harus dipenuhi dengan uang dan/atau alat transaksi keuangan lainnya.
Dengan demikian, setiap transaksi yang dilakukan di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, baik dilakukan oleh penduduk maupun bukan penduduk (korporasi), transaksi tunai maupun non tunai, sepanjang dilakukan di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib menggunakan Rupiah

Ketentuan ini mulai berlaku sejak 1 Juni 2015. Pelanggaran terhadap kewajiban penggunaan Rupiah dimaksud dapat dikenakan sanksi yang diatur oleh Bank Indonesia.

Tutorial Commonwealth Bank: Valuta Asing Internet Banking



MANFAAT & KEUNGGULAN

  1. Memberikan potensi keuntungan dalam jangka waktu pendek maupun panjang
  2. Memiliki likuiditas tinggi karena dapat ditransaksikan setiap saat
  3. Tersedia banyak pilihan mata uang sehingga memberikan fleksibilitas dalam melakukan transaksi
  4. Potensi keuntungan dua arah, (baik nilai valuta asing naik maupun turun)
  5. Pasar bergerak selama 24 jam non-stop, 5 hari seminggu
  6. Transparansi Informasi
    Informasi nilai mata uang asing mudah diperoleh
  7. Biaya rendah
    Biaya transaksi diambil dari spread antara harga jual dan beli.

RISIKO

Risiko Pasar - Pergerakan harga yang sangat fluktuatif dan dipengaruhi oleh berbagai kondisi seperti kondisi ekonomi. Terdapat kemungkinan investor mengalami penurunan dari nilai modal.

SYARAT & TATA CARA PEMBELIAN TRANSAKSI VALUTA ASING

  • Berusia antara 21-75 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki rekening di Commonwealth Bank
  • Melampirkan NPWP
  • Mengisi dan menandatangani “Formulir Permohonan Transaksi Valuta Asing”, “Syarat dan Ketentuan Umum”, “Surat Kuasa Pemblokiran dan Pendebitan Rekening Tabungan atau Giro”, dan “Surat Fax Indemnity”

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Call CommBank (24 Jam) di 15000-30 atau (kode area) 15000-30 dari Ponsel atau kunjungi cabang terdekat kami.

Kurs Valuta Asing 

Bank Commonwealth menyediakan layanan 24 jam transaksi valuta asing  dengan kurs spesial secara instan dan mudah melalui Internet Banking/mobile banking demi kemudahan dan kenyamanan Nasabah.

Nikmati layanan transaksi valuta asing dengan kurs spesial untuk jumlah transaksi di atas USD5.000 atau setara, tersedia pada jam operasional bank

TARIF & BIAYA

Tidak ada biaya tambahan untuk transaksi valuta asing, hanya spread antara harga jual dan harga beli.

DISCLAIMER
Transaksi valuta asing memiliki risiko pergerakan pasar forex. Nasabah diwajibkan untuk membaca dan mengerti resiko yang terkait dengan transaksi sebelum melakukan transaksi.

Nilai tukar mata uang asing di seluruh dunia yang bervariasi dan berfluktuasi mencerminkan pergerakan pasar valuta asing. 

Nilai tukar yang digunakan di luar jam operasional bank, pada akhir pekan dan hari libur, adalah nilai tukar yang digunakan pada saat penutupan waktu bisnis di hari kerja sebelumnya.