-
FAQs Individual Internet Banking
- Bagaimana login pertama kali di Internet Banking terbaru untuk Nasabah lama (nasabah yang sudah mempunyai user ID IB/MB sebelum tgl 1 May 2015 dan belum pernah login)?
Untuk menikmati Internet Banking terbaru, Anda melakukan login dengan cara:
- Mengisi User Name Anda dengan tetap menggunakan ID CommAccess lama berupa delapan angka.
- Mengisi Password. Password Anda dapatkan dari token response Appli1.
Setelah berhasil login, Anda harus menyelesaikan langkah-langkah berikut:
- Menerima (Accept) T&C Internet/MobileBanking baru.
- Mengubah Password.
- Memilih pertanyaan keamanan dan jawabannya.
Setelah selesai, Anda akan diminta untuk melakukan re-login.
Cara melakukan re-login:- Mengisi User ID menggunakan ID CommAccess Anda (delapan angka).
- Mengisi password dengan password yang baru.
Setelah berhasil, Anda bisa mengganti User Name dengan mengklik Services dan klik Change User ID. Ikuti petunjuknya hingga selesai.
Tips:
Password baru Anda menggantikan fungsi Appli1 pada token, sehingga untuk login ke IB/MB Anda tidak perlu lagi menggunakan token. Untuk validasi transaksi Anda tetap menggunakan token response Appli2. - Kenapa tidak bisa login meski memasukkan password berulang kali ?
Mohon dipastikan dan diperiksa kembali User Name dan Password yang Anda masukkan sudah benar.
- Bagaimana cara mengecek saldo Saya ?
Pada saat Anda login, informasi total saldo rekening Anda tersedia pada halaman muka (Home), termasuk total pinjaman (jika ada) dan reksa dana (jika ada).
Jika Anda memiliki beberapa rekening dan ingin melihat masing-masing saldo pada rekening tersebut, Anda dapat mengklik pada kolom “Current & Savings” atau Anda juga dapat melihat melalui menu “account” lalu pilih “account summary”.
- Saya memiliki Reksa Dana, tapi mengapa informasi saldonya tidak ada di IB/MB?
Hal ini dikarenakan rekening investasi Anda belum di-link ke Internet/Mobile Banking. Kunjungi cabang kami untuk mendaftarkan rekening investasi Anda ke Internet/Mobile Banking.
- Bagaimana cara Saya melihat Laporan Keuangan Bulanan (Monthly Statement) di Internet Banking ?
Anda bisa melihatnya dengan langkah-langkah berikut:
- Masuk ke menu Accounts dan pilih History CASA Statement
- Setelah halaman History CASA Statement terbuka, lengkapi kolom dengan informasi yang tepat dan benar;
- Account No : Pilih rekening Anda yang ingin ditampilkan
- Month : Bulan yang ingin ditampilkan
- Year : Tahun yang ingin ditampilkan
- Jika detil yang diinput telah benar, klik tombol “View” untuk menampilkan History transaksi.
- Bagaimana cara transfer ke bank lain dengan mata uang Rupiah di Internet banking?
Anda bisa melakukan transaksi transfer dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Masuk ke menu Transfer dan pilih menu Domestic Transfer
- Setelah halaman transfer terbuka, lengkapi kolom dengan informasi yang tepat dan benar;
- User reference: Masukkan User Reference (referensi transfer) jika diperlukan.
- Source Account: Pilih rekening Anda yang akan didebet (source account / sumber dana). Klik tombol “Play” untuk melihat saldo.
- Transfer Methods: Pilih metode transfer (SKN/RTGS/Real Time)
- Bank Name: Pilih Bank tujuan dengan mengklik ikon Search. Scroll daftar bank atau gunakan bantuan search untuk mencari bank yang dituju. Klik bank yang dipilih lalu klik tombol Select Bank.
- Bank Type: Pilih jenis Bank (Konvensional, Syariah atau UUS (Unit Usaha Syariah))
- Beneficiary Name: Masukkan nama penerima di bank tujuan dengan benar. Klik tombol Search jika sebelumnya Anda pernah menyimpan/menambahkan penerima pada Daftar Transfer.
Tips: Jika menggunakan metode transfer Real Time, nama penerima (Beneficiary Name) akan otomatis terisi. - Beneficiary Account: Masukkan nomor rekening penerima di bank tujuan. (Angka saja, tanpa spasi atau tanda baca)
- Beneficiary email: Anda bisa memasukkan alamat email penerima.
- Transfer Amount: Masukkan jumlah dana yang akan ditransfer
- Transfer Now: Pilih jika Anda ingin melakukan transfer pada saat itu juga.
- Jika detil yang diinput telah benar, klik tombol Initiate.
- Periksa kembali halaman verifikasi yang muncul. Jika ada yang tidak sesuai klik Modify untuk melakukan revisi atau Confirm untuk melanjutkan proses.
- Masukkan password yang diperoleh dari SMS. (jika Anda menggunakan Token, tekan appli2 dan masukkan challenge code untuk mendapatkan password)
- Klik tombol Submit untuk memvalidasi transaksi transfer.
- Bagaimana cara penyelesaian transaksi valas di Internet Banking?
Anda bisa melakukan transaksi transfer dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Masuk ke menu Transfer, kemudian pilih “Foreign Currency Transfer”
- Layar Internet Banking akan menampilkan halaman “Foreign Currency Transfer”, Anda harus mengisi “User Reference Number” atau nomor referensi transfer jika diperlukan, setelah itu pilih “Source Account” atau rekening Anda.
- Untuk melihat jumlah uang yang tersedia dalam rekening, Anda dapat mengklik tombol “Play” di sebelah kanan setelah kolom rekening Anda.
- Pada bagian “Beneficiary Details”, Anda harus mengisi:
- Beneficiary Name: Anda dapat menekan tombol “Search” di sebelah kanan kolom pengisian Beneficiary Name: jika Anda telah menyimpan Beneficiary Name sebelumnya.
- Beneficiary Account Number
- Beneficiary e-mail jika diperlukan
- Pada bagian “Beneficiary Bank Details”, Anda harus mencentang SWIFT dan mengisi:
- SWIFT Code
- BSB Code: khusus untuk transfer ke bank-bank Australia
- Gerakkan kursor Anda ke bawah, Anda akan menemukan “Payment Details” dan mengisi:
- Transfer Amount
- Transfer Currency dengan cara memilihnya
- Deal Code jika memilikinya. Caranya, Anda harus mencentang “Pre-Booked” dan memasukkan Deal Code di kolom sebelahnya, lalu klik “Go”. Jika tidak memiliki Deal Code, Anda tak perlu mencentang “Pre-Booked”
- Transfer Now jika Anda ingin mentransfer saat itu juga
- Transfer Later jika Anda ingin mentransfer pada tangal tertentu. Pilih tanggal transfer di kolom sebelahnya.
- Di bawah “Payment Details”, Anda akan menemukan “Other Details” dan wajib mengisi:
- Payment Details 1 (maksimal 35 karakter)
- Correspondence Charge untuk memilih pihak yang akan dibebankan biaya korespondensi
- Di bawah “Other Details”, Anda akan menemukan “Additional Details”. Di bagian ini, Anda harus mengisi:
- LHBU Purpose Code dengan cara memilihnya
- Document Type dengan cara memilihnya
- Centang pernyataan bahwa Anda setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
- Jika telah yakin dengan semua data yang Anda masukkan, klik tombol “Submit”. Layar Internet Banking akan menampilkan semua data yang telah Anda masukkan.
- Jika Anda menyetujuinya dan ingin melanjutkan proses transfer, klik tombol “Confirm”. Jika Anda ingin memperbaiki detil transfer, Anda bisa klik tombol “Modify”.
- Jika sudah selesai semua dan Anda telah mengklik tombol “Confirm”, Anda harus memasukkan “Digipass Code” dengan response Appli 2 pada token Anda. Setelah itu, klik tombol “Submit”. Transaksi pun siap diotorisasi.
- Jika Anda ingin memperoleh E-Receipt, klik tombol “E-Receipt”. Terakhir, klik “Ok” untuk mengakhiri proses transfer.
- Perubahan Biaya Transfer SWIFT Melalui Internet dan Mobile Banking Bagi Rekening AusStudent
Berikut perubahan biaya SWIFT bagi Nasabah yang memiliki rekening AusStudent yang bertransaksi melalui Internet Banking dan/atau Mobile Banking ke rekening tujuan di Australia:
Media Transaksi Tanggal Efektif Perubahan Biaya Biaya Transaksi SWIFT Internet Banking dan Mobile Banking 1 Mei 2015 s.d. 21 Mei 2015 Akan dikenakan biaya transaksi SWIFT sebesar Rp25.000, namun biaya tersebut dikreditkan kembali (cash back) ke rekening nasabah pada akhir bulan. Internet Banking dan Mobile Banking 22 Mei 2015 dan seterusnya Akan dikenakan biaya transaksi SWIFT sebesar Rp25.000. Cabang Tidak ada perubahan Bebas biayajika saldo di rekening AusStudent memenuhi ketentuan minimum saldo yang berlaku. Selain biaya transfer SWIFT, Nasabah akan tetap dibebankan tambahan biaya sebesar USD15 untuk Value Today dan USD20 untuk Full Amount sesuai dengan ketentuan biaya yang sudah berlaku saat ini.
- Saya tidak berhasil mengganti password internet banking baru saya, apa yang harus dilakukan?
Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah melakukan login pertama kali dengan benar.Jika masih belum berhasil, hubungi Call Commbank 1500030 (24 jam)
- Saya mendapatkan notifikasi sistem keamanan apa yang harus saya lakukan?
Notifikasi sistem keamanan biasanya didapat jika Anda melakukan kesalahan memasukan userID atau password.
Lakukan clear cache di browser Anda kemudian tunggu 15 menit lalu lakukan login ulang.
Jika masih belum berhasil hubungi cabang terdekat atau hubungi Call Commbank 1500030 (24 jam) - Apa perbedaan metode transfer SKN, RTGS, dan RealTime?
SKN adalah transfer dana dengan mata uang rupiah ke bank lain dan memakan waktu kurang lebih 6 jam kerja. Jumlah minimal dana yang ditransfer adalah Rp100.000 per transaksi. Biaya yang dibebankan adalah Rp2.500 per transaksi.
RTGS adalah transfer dana dengan mata uang rupiah ke bank lain dan memakan waktu kurang lebih 3 jam kerja. Jumlah minimal dana yang ditransfer adalah Rp100.000.001 per transaksi. Biaya yang dibebankan adalah Rp15.000 per transaksi.
Real time adalah transfer dana dengan mata uang rupiah ke bank lain dan langsung sampai. Jumlah minimal dana yang ditransfer adalah Rp50.000 per transaksi. Biaya yang dibebankan adalah Rp6.500 per transaksi. - Apa fungsi multiple windows?
Internet Banking baru memiliki kemampuan membuka beberapa windows sekaligus (maksimal 5) untuk memudahkan Anda melakukan beragam transaksi dalam satu waktu atau menunda satu transaksi karena Anda harus menjalankan transaksi lainnya yang lebih penting tanpa harus memulai dari awal.
- Mengapa User ID bisa terblokir? Bagaimana solusinya?
User ID Anda bisa terblokir karena beberapa hal di bawah ini:
- Anda salah memasukkan User ID atau Password hingga lima kali.
- Anda melakukan imperfect steps to login. Misalnya, saat pertama kali login melalui Mobile Banking dan proses belum selesai, Anda sudah pindah ke Internet Banking.
Solusinya:
Datang ke cabang terdekat dengan membawa token dan kartu identitas.
Jangan lupa, beritahu reference number Anda ke staff di cabang agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat.
Reference number Anda terlihat di layar yang memberitahukan User ID di-blocked.
Tips:
Pastikan Anda menyelesaikan langkah-langkah Login di satu channel, misalnya di Mobile Banking saja atau di Internet Banking saja. Jangan mengubah channel jika belum menyelesaikan langkah-langkahnya. - Mengapa Token bisa terblokir? Bagaimana solusinya?
Token Anda bisa terblokir karena beberapa hal:
- Anda salah memasukkan PIN Token.
- • Saat User ID anda terblokir, token secara otomatis akan terblokir.
Solusinya: Datang ke cabang terdekat dengan membawa token, kartu identitas, dan kartu ATM.
- Bagaimana cara menampilkan daftar transfer yang pernah dibuat?
Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Pilih menu Transfer kemudian pilih Beneficiary Maintenance
- Masukkan kriteria pencarian beneficiary dengan memilih jenis transaksi pada field “Transaction Type”, setelah itu klik “Search”
- Layar Internet Banking akan menampilkan record sesuai dengan kriteria pencarian.
Untuk menampilkan rincian beneficiary details, klik pada nama record yang dimaksud.
Tips:
Anda bisa mempersempit hasil pencarian dengan mengisi salah satu atau beberapa kolom yang tersedia pada halaman Beneficiary Maintenance. - Bagaimana cara melakukan perubahan atau menghapus daftar transfer yang pernah dibuat?
Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Lakukan langkah-langkah seperti pada poin 15 diatas
- Centang kolom record yang akan dirubah/dihapus
- Klik “Delete” atau “Modify”
- Bagaimana cara menambah daftar transfer?
Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Pilih menu Transfers, kemudian pilih Beneficiary Maintenance
- Pilih jenis transaksi yang ingin ditambahkan ke daftar transfer pada kolom “Transaction Type”, setelah itu klik “Create Beneficiary Template”.
- Setelah halaman “Add Beneficiary” ditampilkan, Anda harus mengisi keterangan mengenai beneficiary detail yang ingin Anda tambahkan:
- Beneficiary Name
- Beneficiary E-mail
- Beneficiary Account
- Transfer Methods
- Bank Name
- Bank Address
- Periksa beneficiary detail yang ingin Anda tambahkan dengan teliti dan pastikan Anda mengisinya dengan benar, terutama kolom yang ditandai * atau **, setelah itu klik “Add”.
- Layar Internet Banking Anda akan menampilkan halaman konfirmasi.
- Untuk menampilkan halaman konfirmasi beneficiary berhasil di-create, Anda harus klik “Confirm”.
- Bagaimana login pertama kali di Internet Banking terbaru untuk Nasabah lama (nasabah yang sudah mempunyai user ID IB/MB sebelum tgl 1 May 2015 dan belum pernah login)?