-
FAQs Individual Internet Banking
- Bagaimana login pertama kali di Internet Banking terbaru untuk Nasabah lama (nasabah yang sudah mempunyai user ID IB/MB sebelum tgl 1 May 2015 dan belum pernah login)?
Untuk menikmati Internet Banking terbaru, Anda melakukan login dengan cara:
- Mengisi User Name Anda dengan tetap menggunakan ID CommAccess lama berupa delapan angka.
- Mengisi Password. Password Anda dapatkan dari token response Appli1.
Setelah berhasil login, Anda harus menyelesaikan langkah-langkah berikut:
- Menerima (Accept) T&C Internet/MobileBanking baru.
- Mengubah Password.
- Memilih pertanyaan keamanan dan jawabannya.
Setelah selesai, Anda akan diminta untuk melakukan re-login.
Cara melakukan re-login:- Mengisi User ID menggunakan ID CommAccess Anda (delapan angka).
- Mengisi password dengan password yang baru.
Setelah berhasil, Anda bisa mengganti User Name dengan mengklik Services dan klik Change User ID. Ikuti petunjuknya hingga selesai.
Tips:
Password baru Anda menggantikan fungsi Appli1 pada token, sehingga untuk login ke IB/MB Anda tidak perlu lagi menggunakan token. Untuk validasi transaksi Anda tetap menggunakan token response Appli2. - Kenapa tidak bisa login meski memasukkan password berulang kali ?
Mohon dipastikan dan diperiksa kembali User Name dan Password yang Anda masukkan sudah benar.
- Bagaimana cara mengecek saldo Saya ?
Pada saat Anda login, informasi total saldo rekening Anda tersedia pada halaman muka (Home), termasuk total pinjaman (jika ada) dan reksa dana (jika ada).
Jika Anda memiliki beberapa rekening dan ingin melihat masing-masing saldo pada rekening tersebut, Anda dapat mengklik pada kolom “Current & Savings” atau Anda juga dapat melihat melalui menu “account” lalu pilih “account summary”.
- Saya memiliki Reksa Dana, tapi mengapa informasi saldonya tidak ada di IB/MB?
Hal ini dikarenakan rekening investasi Anda belum di-link ke Internet/Mobile Banking. Kunjungi cabang kami untuk mendaftarkan rekening investasi Anda ke Internet/Mobile Banking.
- Bagaimana cara Saya melihat Laporan Keuangan Bulanan (Monthly Statement) di Internet Banking ?
Anda bisa melihatnya dengan langkah-langkah berikut:
- Masuk ke menu Accounts dan pilih History CASA Statement
- Setelah halaman History CASA Statement terbuka, lengkapi kolom dengan informasi yang tepat dan benar;
- Account No : Pilih rekening Anda yang ingin ditampilkan
- Month : Bulan yang ingin ditampilkan
- Year : Tahun yang ingin ditampilkan
- Jika detil yang diinput telah benar, klik tombol “View” untuk menampilkan History transaksi.
- Bagaimana cara transfer ke bank lain dengan mata uang Rupiah di Internet banking?
Anda bisa melakukan transaksi transfer dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Masuk ke menu Transfer dan pilih menu Domestic Transfer
- Setelah halaman transfer terbuka, lengkapi kolom dengan informasi yang tepat dan benar;
- User reference: Masukkan User Reference (referensi transfer) jika diperlukan.
- Source Account: Pilih rekening Anda yang akan didebet (source account / sumber dana). Klik tombol “Play” untuk melihat saldo.
- Transfer Methods: Pilih metode transfer (SKN/RTGS/Real Time)
- Bank Name: Pilih Bank tujuan dengan mengklik ikon Search. Scroll daftar bank atau gunakan bantuan search untuk mencari bank yang dituju. Klik bank yang dipilih lalu klik tombol Select Bank.
- Bank Type: Pilih jenis Bank (Konvensional, Syariah atau UUS (Unit Usaha Syariah))
- Beneficiary Name: Masukkan nama penerima di bank tujuan dengan benar. Klik tombol Search jika sebelumnya Anda pernah menyimpan/menambahkan penerima pada Daftar Transfer.
Tips: Jika menggunakan metode transfer Real Time, nama penerima (Beneficiary Name) akan otomatis terisi. - Beneficiary Account: Masukkan nomor rekening penerima di bank tujuan. (Angka saja, tanpa spasi atau tanda baca)
- Beneficiary email: Anda bisa memasukkan alamat email penerima.
- Transfer Amount: Masukkan jumlah dana yang akan ditransfer
- Transfer Now: Pilih jika Anda ingin melakukan transfer pada saat itu juga.
- Jika detil yang diinput telah benar, klik tombol Initiate.
- Periksa kembali halaman verifikasi yang muncul. Jika ada yang tidak sesuai klik Modify untuk melakukan revisi atau Confirm untuk melanjutkan proses.
- Masukkan password yang diperoleh dari SMS. (jika Anda menggunakan Token, tekan appli2 dan masukkan challenge code untuk mendapatkan password)
- Klik tombol Submit untuk memvalidasi transaksi transfer.
- Bagaimana cara penyelesaian transaksi valas di Internet Banking?
Anda bisa melakukan transaksi transfer dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Masuk ke menu Transfer, kemudian pilih “Foreign Currency Transfer”
- Layar Internet Banking akan menampilkan halaman “Foreign Currency Transfer”, Anda harus mengisi “User Reference Number” atau nomor referensi transfer jika diperlukan, setelah itu pilih “Source Account” atau rekening Anda.
- Untuk melihat jumlah uang yang tersedia dalam rekening, Anda dapat mengklik tombol “Play” di sebelah kanan setelah kolom rekening Anda.
- Pada bagian “Beneficiary Details”, Anda harus mengisi:
- Beneficiary Name: Anda dapat menekan tombol “Search” di sebelah kanan kolom pengisian Beneficiary Name: jika Anda telah menyimpan Beneficiary Name sebelumnya.
- Beneficiary Account Number
- Beneficiary e-mail jika diperlukan
- Pada bagian “Beneficiary Bank Details”, Anda harus mencentang SWIFT dan mengisi:
- SWIFT Code
- BSB Code: khusus untuk transfer ke bank-bank Australia
- Gerakkan kursor Anda ke bawah, Anda akan menemukan “Payment Details” dan mengisi:
- Transfer Amount
- Transfer Currency dengan cara memilihnya
- Deal Code jika memilikinya. Caranya, Anda harus mencentang “Pre-Booked” dan memasukkan Deal Code di kolom sebelahnya, lalu klik “Go”. Jika tidak memiliki Deal Code, Anda tak perlu mencentang “Pre-Booked”
- Transfer Now jika Anda ingin mentransfer saat itu juga
- Transfer Later jika Anda ingin mentransfer pada tangal tertentu. Pilih tanggal transfer di kolom sebelahnya.
- Di bawah “Payment Details”, Anda akan menemukan “Other Details” dan wajib mengisi:
- Payment Details 1 (maksimal 35 karakter)
- Correspondence Charge untuk memilih pihak yang akan dibebankan biaya korespondensi
- Di bawah “Other Details”, Anda akan menemukan “Additional Details”. Di bagian ini, Anda harus mengisi:
- LHBU Purpose Code dengan cara memilihnya
- Document Type dengan cara memilihnya
- Centang pernyataan bahwa Anda setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
- Jika telah yakin dengan semua data yang Anda masukkan, klik tombol “Submit”. Layar Internet Banking akan menampilkan semua data yang telah Anda masukkan.
- Jika Anda menyetujuinya dan ingin melanjutkan proses transfer, klik tombol “Confirm”. Jika Anda ingin memperbaiki detil transfer, Anda bisa klik tombol “Modify”.
- Jika sudah selesai semua dan Anda telah mengklik tombol “Confirm”, Anda harus memasukkan “Digipass Code” dengan response Appli 2 pada token Anda. Setelah itu, klik tombol “Submit”. Transaksi pun siap diotorisasi.
- Jika Anda ingin memperoleh E-Receipt, klik tombol “E-Receipt”. Terakhir, klik “Ok” untuk mengakhiri proses transfer.
- Perubahan Biaya Transfer SWIFT Melalui Internet dan Mobile Banking Bagi Rekening AusStudent
Berikut perubahan biaya SWIFT bagi Nasabah yang memiliki rekening AusStudent yang bertransaksi melalui Internet Banking dan/atau Mobile Banking ke rekening tujuan di Australia:
Media Transaksi Tanggal Efektif Perubahan Biaya Biaya Transaksi SWIFT Internet Banking dan Mobile Banking 1 Mei 2015 s.d. 21 Mei 2015 Akan dikenakan biaya transaksi SWIFT sebesar Rp25.000, namun biaya tersebut dikreditkan kembali (cash back) ke rekening nasabah pada akhir bulan. Internet Banking dan Mobile Banking 22 Mei 2015 dan seterusnya Akan dikenakan biaya transaksi SWIFT sebesar Rp25.000. Cabang Tidak ada perubahan Gratis jika saldo di rekening AusStudent memenuhi ketentuan minimum saldo yang berlaku. Selain biaya transfer SWIFT, Nasabah akan tetap dibebankan tambahan biaya sebesar USD15 untuk Value Today dan USD20 untuk Full Amount sesuai dengan ketentuan biaya yang sudah berlaku saat ini.
- Saya tidak berhasil mengganti password internet banking baru saya, apa yang harus dilakukan?
Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah melakukan login pertama kali dengan benar.Jika masih belum berhasil, hubungi Call Commbank 1500030 (24 jam)
- Saya mendapatkan notifikasi sistem keamanan apa yang harus saya lakukan?
Notifikasi sistem keamanan biasanya didapat jika Anda melakukan kesalahan memasukan userID atau password.
Lakukan clear cache di browser Anda kemudian tunggu 15 menit lalu lakukan login ulang.
Jika masih belum berhasil hubungi cabang terdekat atau hubungi Call Commbank 1500030 (24 jam) - Apa perbedaan metode transfer SKN, RTGS, dan RealTime?
SKN adalah transfer dana dengan mata uang rupiah ke bank lain dan memakan waktu kurang lebih 6 jam kerja. Jumlah minimal dana yang ditransfer adalah Rp100.000 per transaksi. Biaya yang dibebankan adalah Rp2.500 per transaksi.
RTGS adalah transfer dana dengan mata uang rupiah ke bank lain dan memakan waktu kurang lebih 3 jam kerja. Jumlah minimal dana yang ditransfer adalah Rp100.000.001 per transaksi. Biaya yang dibebankan adalah Rp15.000 per transaksi.
Real time adalah transfer dana dengan mata uang rupiah ke bank lain dan langsung sampai. Jumlah minimal dana yang ditransfer adalah Rp50.000 per transaksi. Tidak ada biaya yang dibebankan untuk layanan ini. - Apa fungsi multiple windows?
Internet Banking baru memiliki kemampuan membuka beberapa windows sekaligus (maksimal 5) untuk memudahkan Anda melakukan beragam transaksi dalam satu waktu atau menunda satu transaksi karena Anda harus menjalankan transaksi lainnya yang lebih penting tanpa harus memulai dari awal.
- Mengapa User ID bisa terblokir? Bagaimana solusinya?
User ID Anda bisa terblokir karena beberapa hal di bawah ini:
- Anda salah memasukkan User ID atau Password hingga lima kali.
- Anda melakukan imperfect steps to login. Misalnya, saat pertama kali login melalui Mobile Banking dan proses belum selesai, Anda sudah pindah ke Internet Banking.
Solusinya:
Datang ke cabang terdekat dengan membawa token dan kartu identitas.
Jangan lupa, beritahu reference number Anda ke staff di cabang agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat.
Reference number Anda terlihat di layar yang memberitahukan User ID di-blocked.
Tips:
Pastikan Anda menyelesaikan langkah-langkah Login di satu channel, misalnya di Mobile Banking saja atau di Internet Banking saja. Jangan mengubah channel jika belum menyelesaikan langkah-langkahnya. - Mengapa Token bisa terblokir? Bagaimana solusinya?
Token Anda bisa terblokir karena beberapa hal:
- Anda salah memasukkan PIN Token.
- • Saat User ID anda terblokir, token secara otomatis akan terblokir.
Solusinya: Datang ke cabang terdekat dengan membawa token, kartu identitas, dan kartu ATM.
- Bagaimana cara menampilkan daftar transfer yang pernah dibuat?
Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Pilih menu Transfer kemudian pilih Beneficiary Maintenance
- Masukkan kriteria pencarian beneficiary dengan memilih jenis transaksi pada field “Transaction Type”, setelah itu klik “Search”
- Layar Internet Banking akan menampilkan record sesuai dengan kriteria pencarian.
Untuk menampilkan rincian beneficiary details, klik pada nama record yang dimaksud.
Tips:
Anda bisa mempersempit hasil pencarian dengan mengisi salah satu atau beberapa kolom yang tersedia pada halaman Beneficiary Maintenance. - Bagaimana cara melakukan perubahan atau menghapus daftar transfer yang pernah dibuat?
Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Lakukan langkah-langkah seperti pada poin 15 diatas
- Centang kolom record yang akan dirubah/dihapus
- Klik “Delete” atau “Modify”
- Bagaimana cara menambah daftar transfer?
Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah di bawah ini:
- Pilih menu Transfers, kemudian pilih Beneficiary Maintenance
- Pilih jenis transaksi yang ingin ditambahkan ke daftar transfer pada kolom “Transaction Type”, setelah itu klik “Create Beneficiary Template”.
- Setelah halaman “Add Beneficiary” ditampilkan, Anda harus mengisi keterangan mengenai beneficiary detail yang ingin Anda tambahkan:
- Beneficiary Name
- Beneficiary E-mail
- Beneficiary Account
- Transfer Methods
- Bank Name
- Bank Address
- Periksa beneficiary detail yang ingin Anda tambahkan dengan teliti dan pastikan Anda mengisinya dengan benar, terutama kolom yang ditandai * atau **, setelah itu klik “Add”.
- Layar Internet Banking Anda akan menampilkan halaman konfirmasi.
- Untuk menampilkan halaman konfirmasi beneficiary berhasil di-create, Anda harus klik “Confirm”.
- Bagaimana login pertama kali di Internet Banking terbaru untuk Nasabah lama (nasabah yang sudah mempunyai user ID IB/MB sebelum tgl 1 May 2015 dan belum pernah login)?
-
Tips Security
- Langkah – langkah mudah untuk menjaga keamanan perbankan anda
Demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam melakukan transaksi perbankan, secara elektronik melalui Internet Banking maupun melalui Mobile Banking, mohon tetap berhati-hati dan waspada terhadap hal-hal yang mencurigakan, diantaranya aktivitas “phishing” oleh orang yang tidak bertanggung-jawab
Phishing adalah tindakan mendapatkan informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening Bank, dan/atau nomor kartu ATM Anda secara tidak sah dengan tujuan penipuan atau kejahatan
Phishing bisa dilakukan melalui beberapa cara, diantaranya:
- Menggunakan alamat email palsu untuk meminta data rekening dengan alasan perbaikan/upgrade sistem atau alasan verifikasi
- Menggunakan website palsu yang mirip dengan website resmi Bank Commonwealth.
- Mengirimkan form isian melalui e-mail yang meminta data nasabah seperti user ID, PIN, nomor rekening dan/atau nomor kartu ATM.
- Permintaan "Sinkronisasi Token" pada saat login ke Internet Banking atau Mobile Banking.
Berikut ini tips untuk mencegah Anda menjadi korban Phishing:
- Kunjungi website resmi Bank dengan mengetikkan www.commbank.co.id pada address bar dan hindari mengklik tautan yang terdapat pada email yang mengatasnamakan Bank Commonwealth.
- Pastikan Anda memiliki program anti-virus dan anti spyware yang up-to-date dan melakukan scan sistem yang teratur.
- Jangan pernah membalas email, telepon atau SMS kepada siapapun yang meminta password atau PIN Anda (termasuk kepada orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai karyawan Bank).
- Hati-hati dalam mengklik sesuatu dengan tujuan untuk melakukan "Sinkronisasi Token".
- Apabila Anda menerima email, telepon atau SMS mencurigakan yang mengatasnamakan Bank Commonwealth, segera hubungi Call CommBank (kode area)15000 30 atau (6221) 2935 2935 bagi Anda yang berada di luar negeri untuk memeriksa kebenarannya
- Hindari penggunaan fasilitas wifi bersama untuk melakukan transaksi perbankan.
- Penggunaan ATM
Mari kenali kejahatan transaksi melalui ATM dan waspadai tanda-tandanya dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini yaitu ATM Skimming
Apa itu ATM skimming?
ATM skimming adalah tindakan mengambil data rekening secara ilegal dari strip magnetik Kartu ATM/Debit atau Kartu Kredit dan PIN ketika Anda menggunakan mesin ATM. Skimming juga bisa terjadi pada saat Anda melakukan transaksi pembayaran menggunakan mesin EDC.
Pelaku skimming kemudian memanfaatkan data Anda untuk membuat kartu palsu atau kartu 'kloning'. Dalam banyak kasus, pelaku skimming menggunakan kartu palsu dan PIN untuk menarik uang dari mesin ATM baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Bagaimana alat skimming bekerja?
Untuk melakukan ATM skimming, pelaku biasanya:
- Memasang perangkat pada slot kartu di mesin ATM untuk mengambil data pada kartu, dan
- Memasang kamera untuk melihat keypad untuk mengintip dan mengetahui nomor PIN.
Untuk EDC skimming, pelaku mengambil rincian data di kartu dan nomor PIN dengan mengganti perangkat EDC asli dengan perangkat tiruan yang terlihat dan bekerja seperti perangkat EDC normal.
EDC skimming sulit untuk dideteksi dan tidak akan teridentifikasi sampai Anda atau Bank menemukan transaksi yang tidak biasa pada rekening Anda.
Apa yang Bank Commonwealth lakukan untuk melindungi rekening nasabah dari ATM skimming?
Kami selalu berusaha mencegah kasus ATM skimming dengan sangat serius dan dengan menggunakan teknologi terdepan secara berkala, diantaranya:
- Memonitor mesin ATM 24 jam dan mendeteksi jika seseorang memasang perangkat skimming. Bila terjadi pemasangan alat skimming, tim security kami akan segera datang ke lokasi dan memeriksa mesin ATM secara keseluruhan untuk memastikan alat skimming ditemukan.
- Memantau dan memonitor transaksi ATM nasabah selama 24 jam - jika terdapat transaksi yang mencurigakan maka petugas Bank kami akan segera menghubungi nasabah untuk mengkonfirmasi transaksi dan mencegah kerugian lebih lanjut.
Kami juga selalu memantau kasus - kasus ATM skimming yang terjadi, baik di lokal dan internasional, untuk memastikan kami menyadari dan mengantisipasi jenis- jenis penipuan terbaru.
Tanda-tanda mencurigakan terkait ATM skimming – Apa yang harus nasabah waspadai?
Anda dapat mengidentifikasi tanda-tanda mencurigakan terkait ATM skimming dengan beberapa cara di bawah ini:
- Apakah mesin ATM terlihat seperti biasanya? Waspadai perubahan fisik atau penambahan perangkat baru yang tidak biasa.
- Apakah ada tanda-tanda tindak vandalism di mesin ATM? Waspada ketika Anda dapat melihat sisa lem, kabel terbuka, potongan double tape dll.
- Anda melihat sesuatu yang mencurigakan pada slot kartu pada ATM (misalnya terdapat perangkat tambahan).
- Seorang asisten toko mengambil kartu Anda dan hilang dari pandangan Anda untuk memproses transaksi Anda.
- Seorang asisten toko meminta Anda untuk menggesek kartu Anda melalui lebih dari satu mesin EDC.
- Anda melihat transaksi ATM yang tidak biasa atau tidak Anda ketahui pada laporan rekening tabungan Anda.
Jika Anda melihat atau mengalami salah satu dari tanda-tanda mencurigakan diatas, JANGAN lakukan transaksi lebih lanjut dan segera hubungi Call Commbank di (kode area) 15000 30 atau (6221) 2935 2935 bagi Anda yang berada di luar negeri.
- Penggunaan Kartu Debit
- Periksa nilai transaksi Anda apakah sudah sesuai dengan yang Anda lakukan.
- Ketika melakukan transaksi menggunakan Kartu Debet di Merchant, selalu ikuti keberadaan Kartu ATM Anda.
- Ketika menggunakan kartu ATM, harap menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat memasukan PIN ke mesin EDC.
- Cek tanda terima transaksi debet dengan laporan transaksi. Segera hubungi Bank apabila ada transaksi yang mencurigakan.
- Simpan laporan transaksi, tanda terima transaksi dan dokumen keuangan Anda dengan aman dan apabila sudah tidak dibutuhkan hancurkan dengan merobek sebelum dibuang.
- Potong kartu Anda yang telah kadaluarsa dengan menggunting magnetic strip atau chip saat kartu pengganti telah Anda terima. Hal ini disarankan karena magnetic strip menyimpan data elektronik Nasabah sehingga harus segera dihancurkan agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Jika Anda mencurigai sesuatu, silahkan hubungi kami segera dengan mengunjungi cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30.
- Buku tabungan
- Simpan di tempat yang aman dan tidak mudah terlihat.
- Jangan berikan buku tabungan Anda kepada orang lain.
- Jangan pernah menandatangani formulir transaksi kosong seperti pemindah bukuan, perubahan data nasabah, dll.
- Jika buku tabungan Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30.
- Menciptakan PIN yang aman dan menjaga PIN
Untuk bertransaksi baik melalui ATM maupun Internet Banking dan Mobile Banking. Beberapa tips untuk mengamankan PIN Anda adalah sebagai berikut:
- Ganti PIN ATM Anda secara berkala untuk menghindari pemakaian oleh pihak tidak bertanggung jawab. Anda dapat merubah PIN ATM Anda melalui mesin ATM Bank Commonwealth dan untuk merubah PIN Token Anda silahkan melihat pada Token.
- Pastikan bahwa Anda menjaga dan tidak memberitahu kepada siapapun PIN ATM maupun PIN Token Anda.
- Gunakanlah nomor Pin yang berbeda untuk PIN ATM dan PIN Token Anda.
- Jangan membuat PIN yang merupakan pengulangan dari User ID.
- Jangan menggunakan PIN yang mudah ditebak oleh orang lain, seperti tanggal kelahiran ataupun nomor PIN yang berurut seperti 1234565 atau merupakan pengulangan seperti 333333.
- Hindari mencatat Nomor Pin dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet. Bank Commonwealth tidak akan pernah menanyakan PIN Anda, serta mengharuskan Anda memberikan informasi rahasia melalui media yang tidak aman seperti e-mail. Waspadai e-mail yang menanyakan informasi rahasia yang berhubungan dengan akun pribadi Anda seperti No. Rekening/User ID/No Kartu/ PIN.
- Cek akun Anda secara regular dan segera hubungi Call Commbank kami apabila ada aktivitas yang mencurigakan dan sebaiknya Anda segera mengganti PIN Anda.
- Keamanan Mobile Banking
Ponsel menawarkan kenyamanan mengelola portofolio keuangan Anda, mentransfer dana, dan menyelesaikan perbankan sehari-hari Anda membutuhkannya dimanapun Anda berada. Penting untuk diingat bahwa Anda harus berhati-hati tentang bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda, dan bahwa, seperti komputer, kebutuhan mobile Anda harus tetap aman untuk melindungi Anda dari pencurian identitas atau penipuan transaksi. Beberapa langkah keamanan sederhana yang harus Anda lakukan, antara lain:
- Gunakan Aplikasi Mobile Banking Bank Commonwealth yang resmi dan segera Log out setelah selesai bertransaksi.
- Bagi pengguna Android, Anda dapat men-download layanan Mobile Banking Bank Commonwealth melalui Play Store, silahkan cari “Commbank ID”.
- Bagi pengguna iPhone/iPad download Aplikasi resmi Mobile Banking Bank Commonwealth melalui Appstore dengan mencari “Commbank ID” lalu download aplikasi tersebut ke dalam ponsel Anda.
- Mobile Banking Bank Commonwealth telah dilengkapi oleh Security Socket Layer untuk menjamin keamanan Anda bertransaksi menggunakan aplikasi ini namun ada baiknya apabila Anda memiliki perangkat lunak antivirus/spyware pada ponsel Anda
- Harap untuk tidak menginstal aplikasi yang tidak jelas asalnya ke ponsel maupun tablet Anda
- Hindari menggunakan koneksi internet WI-FI pada area public saat bertransaksi online menggunakan Mobile Banking. Bertransaksilah menggunakan jaringan WI-FI yang dapat Anda percayai keamanannya.
- Gunakanlah password atau pass code pada ponsel maupun tablet Anda dan segera mengunci ponsel atau tablet Anda saat tidak Anda gunakan. Pastikan hanya Anda yang mengetahui password/passcode ponsel/tablet Anda.
- Segera hapus pesan lama yang mengandung informasi keuangan Anda.
- Pastikan tidak ada orang lain yang melihat ketika Anda memasukkan PIN Token Anda ketika menggunakan Mobile Banking di area publik.
- Apabila Anda menerima SMS mencurigakan mengatasnamakan Bank Commonwealth, segera hubungi Call Commbank untuk mengecek kebenarannya.
- Jangan merespon SMS maupun email yang berhubungan informasi perbankan Anda
- Sebelum menjual ponsel maupun tablet Anda, pastikan Anda telah mereset ponsel/tablet Anda sehingga seluruh informasi terhapus.
- Apabila ponsel Anda dicuri, segera beritahukan provider telekomunikasi Anda untuk memblokir nomor tersebut. Segera ganti password akun online yang terakses melalui ponsel anda. Selalu perbarui informasi Anda pada Bank sehingga Bank dapat langsung menghubungi ketika terdapat aktivitas mencurigakan pada akun Anda.
- Jika Token Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30.
- Keamanan Internet Banking
Beberapa langkah keamanan yang dapat Anda lakukan:
- Sebaiknya tidak mengakses Internet Banking Bank Commonwealth di Warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
- Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sebentar/sesaat.
- Jangan pernah membalas email atau telepon kepada siapa pun (termasuk dengan alasan mengidentifikasi diri mereka sebagai karyawan Bank) yang meminta password atau PIN Anda
- Kunjungi situs resmi Bank dengan mengetikkan www.commbank.co.id pada address bar dan hindari meng-klik link yang terdapat pada e-mail mengatasnamakan Bank Commonwealth. Pastikan Anda memiliki up-to-date anti-virus dan program anti spyware dan melakukan scan sistem yang teratur
- Lindungi Token Anda termasuk username dan password
- Jika Token Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30.
- Jika Anda sering mengalami kendala saat buka Internet Banking di laptop/komputer Anda klik disini
Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Harap hubungi Cabang terdekat kami atau Call Commbank di 15000 30 Sebagai nasabah kami, Anda dapat tetap merasa aman bersama Bank Commonwealth yang didukung oleh para professional perbankan yang berkomitmen tinggi.
Terimakasih telah menjadi nasabah kami dan atas kepercayaan yang Anda berikan kepada Bank Commonwealth.
- Langkah – langkah mudah untuk menjaga keamanan perbankan anda