Obligasi

Miliki pendapatan tetap dalam berinvestasi!

Obligasi merupakan surat berharga berisi pernyataan utang dari pihak yang berhutang kepada pihak yang memberikan utang, beserta perjanjian untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya pada waktu yang ditentukan.

JENIS LAYANAN
Commonwealth Bank menyediakan layanan transaksi pembelian dan penjualan surat berharga pada pasar perdana dan pasar sekunder dalam berbagai seri obligasi baik yang berdenominasi Rupiah, Euro maupun Dollar Amerika Serikat.

MANFAAT & KEUNGGULAN OBLIGASI

  1. Memberikan pendapatan tetap (fixed income) berupa kupon
  2. Keuntungan atas penjualan obligasi (capital gain)
  3. Khusus untuk obligasi pemerintah dijamin oleh pemerintah, sehingga relatif aman

RISIKO

  1. Risiko Pasar
    Risiko perubahan tingkat suku bunga ; kupon obligasi menjadi kurang menarik jika suku bunga deposito naik. Hal ini dapat menyebabkan harga obligasi turun, sehingga investor bisa mengalami penurunan pokok investasi (capital loss) jika saat hendak menjual kembali obligasinya, ternyata harga jualnya lebih rendah dari harga beli.

  2. Risiko Kredit
    Risiko Penerbit tidak dapat memenuhi kewajiban pada saat jatuh tempo (gagal bayar).

  3. Risiko Likuiditas
    Risiko yang mungkin timbul jika obligasi tidak dapat dijual kembali di pasar sekunder.

SYARAT DAN TATA CARA PEMBELIAN OBLIGASI

  • Berusia antara 21-60 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki rekening tabungan atau giro di Commonwealth Bank
  • Membaca dan memahami informasi produk beserta syarat dan ketentuan umum produk terkait
  • Mengisi dan menandatangani “Kuesioner Profil Risiko”, “Formulir Transaksi”, beserta “Syarat dan Ketentuan Umum”

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Call CommBank (24 Jam) di 15000-30 atau (6221) 2935 2935 dari Ponsel atau kunjungi cabang terdekat kami.

TARIF & BIAYA

Biaya Transaksi – tidak ada biaya tambahan untuk transaksi obligasi, hanya spread antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).

Biaya Penyimpanan Obligasi di Bank Kustodian – untuk nasabah yang berinvestasi di obligasi setelah jangka waktu 1 tahun, biaya penyimpanan obligasi di Bank Kustodian akan dikenakan sesuai ketentuan yang berlaku.

DISCLAIMER
Obligasi adalah produk pasar modal, bukan merupakan produk bank sehingga tidak dijamin oleh bank dan tidak termasuk obyek program penjaminan simpanan. Investasi dalam obligasi memiliki risiko, termasuk kemungkinan berkurang/hilangnya pokok investasi. Harga obligasi dapat berubah, sesuai dengan kondisi pasar.