Pembiayaan Ekspor

Pembiayaan Ekspor (Export Financing) adalah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh Commonwealth Bank kepada Nasabah, yang dalam hal ini bertindak sebagai Penjual / Eksportir, untuk memenuhi kebutuhan modal kerja Nasabah.

Pembiayaan Ekspor dapat diberikan kepada Nasabah sehubungan dengan aktivitas penjualan barang / ekspor, baik atas dasar Letter of Credit / SKBDN, Documentary Collection ataupun Open Account.

Fitur Produk
Fitur Deskripsi
Jenis Pembiayaan Ekspor
  • Pre-Shipment Financing (PSF), yaitu pembiayaan kepada Nasabah (Penjual) untuk memenuhi kebutuhan modal kerja pada tahap produksi, atau sebelum pengiriman / pengapalan barang dilakukan.

  • Post-Shipment Financing (PoSF), yaitu pembiayaan kepada Nasabah (Penjual) untuk memenuhi kebutuhan modal kerja setelah proses pengiriman barang telah dilakukan, dan belum ada pembayaran dari pihak Pembeli.
  • Jenis mata uang IDR, USD, AUD, SGD, EUR, GBP, HKD, JPY, NZD, CNY

    Manfaat

    Manfaat Deskripsi
    Menangkap Peluang Memenuhi kebutuhan modal kerja yang diperlukan untuk memenuhi permintaan barang dari Pembeli
    Skema Pendanaan End-to-end Pre Shipment Financing akan diikuti oleh Post Shipment Financing, yang berarti bahwa modal kerja untuk bisnis anda mendapatkan dukungan Commonwealth Bank dari tahap awal produksi sampai pembayaran diterima dari Pembeli.
    Meningkatkan Daya Saing Pembiayaan yang kami berikan memungkinkan Penjual untuk dapat menawarkan skema pembayaran berjangka kepada Pembeli.

    Cara Pengajuan Pembiayaan Ekspor

    Nasabah mengajukan permohonan kredit kepada Commonwealth Bank dalam bentuk fasilitas pembiayaan ekspor, dengan merujuk pada prosedur kredit yang berlaku. Selanjutnya, setelah fasilitas disetujui, Nasabah dapat melakukan penarikan pinjaman dalam bentuk pembiayaan ekspor hingga pagu kredit yang tersedia, dengan mengajukan formulir penarikan yang disertai dokumen pendukung, seperti Letter of Credit / SKBDN, Outward Documentary Collection, Faktur, atau dokumen lain yang dapat diterima.

    Alur Transaksi Pembiayaan Ekspor atas dasar LC

    Alur Transaksi Pembiayaan Ekspor Non-LC

    Biaya

    Biaya terkait pembiayaan ekspor dapat dilihat disini

    Risiko

    Pembiayaan ekspor ditujukan untuk membiayai kebutuhan modal kerja Nasabah, sebagai Penjual, baik untuk keperluan proses produksi atau pasca pengiriman barang ke pihak Pembeli. Pembiayaan ini bersifat with recourse. Dalam arti, jika terjadi kegagalan pembayaran oleh Bank Penerbit LC atau oleh pihak Penjual, maka kewajiban pembayaran kembali atas fasilitas tersebut akan tetap menjadi beban pihak Nasabah.

    Informasi lebih lanjut

    Call CommBank dapat diakses melalui nomor 1500030 atau (6221) 2935 2935 untuk akses internasional. Call CommBank melayani nasabah 24 jam 7 hari seminggu (termasuk hari libur).