Kebijakan Privasi

Terakhir diperbaharui: 20 April 2021

Tautan langsung





1. Tentang Kami

PT. Bank Commonwealth ("Bank Commonwealth") adalah anak perusahaan dari Commonwealth Bank of Australia (CBA), yang merupakan lembaga keuangan terbesar di Australia yang terdaftar secara publik di Bursa Efek Australia (ASX).

Bank Commonwealth merupakan bank yang mapan dalam hal melayani nasabah di segmen Perbankan Ritel dan Perbankan SME. Bank memiliki berbagai produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah, dan senantiasa berupaya mempertahankan tingkat kepuasan layanan yang tinggi terhadap nasabah.

Bank Commonwealth terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sebagai lembaga yang menawarkan layanan keuangan, kami perlu untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan informasi pribadi tentang Anda dalam rangka menyediakan produk dan layanan kami

Bank Commonwealth sangat menghormati kepercayaan yang telah Anda berikan kepada kami. Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, mengelola dan melindungi informasi pribadi Anda.

Dalam kebijakan ini, penggunaan istilah "kami" dan “Bank Commonwealth” mengacu kepada Bank Commonwealth.





2. Kami menghargai privasi Anda

Kami memahami bahwa privasi Anda penting bagi Anda, dan kami menghargai kepercayaan Anda. Oleh karena itu kami melindungi informasi pribadi Anda dan bertujuan untuk bersikap secara jelas dan terbuka tentang apa yang kami lakukan dengan informasi tersebut. Informasi pribadi adalah informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda.

Jika Anda adalah nasabah kami, dalam hubungan antara Anda dengan kami, kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana kami mengumpulkan, mengelola dan melindungi informasi pribadi Anda — misalnya, saat Anda mengisi formulir aplikasi atau menerima syarat dan ketentuan yang berlaku atas produk dan layanan yang kami tawarkan kepada Anda. Anda harus selalu membaca dokumen tersebut secara teliti. Pernyataan ini memberi Anda informasi yang secara umum tentang kebijakan privasi kami. Kebijakan ini tidak mengubah atau menggantikan syarat dan ketentuan yang mengatur ketentuan hubungan Anda dengan kami.

Jika Anda bukan nasabah kami, kami dapat mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan informasi yang telah Anda berikan, untuk memenuhi keperluan Anda.

Anda tidak wajib memberikan informasi pribadi Anda kepada kami saat diminta. Jika Anda tidak memberikan informasi tersebut, kami mungkin tidak dapat menyediakan produk atau layanan yang diminta atau Anda tidak dapat melanjutkan untuk menggunakan produk atau layanan tersebut. Kami akan memberi tahu Anda jika situasi seperti itu terjadi.

Kami dapat memperbarui kebijakan ini dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa kebijakan selalu konsisten dengan setiap perkembangan Bank Commonwealth atau perubahan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Anda selalu dapat menemukan versi terbaru di situs web kami

Dalam kebijakan ini dan pada situs web kami, kami dapat menyertakan tautan ke berbagai situs web milik pihak ketiga. Dalam hal tersebut, pihak ketiga bertanggung jawab penuh atas konten yang mereka miliki dan apa yang mereka lakukan dengan informasi pribadi yang dapat dikumpulkan dari situs web milik mereka.





3. Informasi apa yang kami kumpulkan?

Kami mengumpulkan informasi pribadi tentang Anda ketika Anda menghubungi kami, menggunakan produk atau layanan kami, mengunjungi situs web kami atau menggunakan aplikasi digital kami atau interaksi lainnya dengan kami.

Ketika Anda mengunjungi website kami, kami dapat mengumpulkan informasi seperti informasi lokasi, IP address, perangkat seluler, informasi jaringan, dan situs pihak ketiga lainnya yang anda akses. Untuk informasi lebih lanjut, agar mengacu pada bagian Cookies.

Kami dapat mengumpulkan informasi tentang Anda dari pihak lain – misalnya jika Anda mengajukan kredit, kami dapat meminta laporan kredit Anda dari lembaga pelaporan kredit. Kami juga dapat mengumpulkan informasi tentang Anda yang tersedia secara publik (misalnya, dari informasi publik atau publikasi pada media cetak, media audio visual, media online atau media sosial) atau disediakan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami.

Informasi lebih lanjut tentang informasi pribadi apa yang kami kumpulkan tersedia dalam syarat dan ketentuan yang berlaku untuk produk dan layanan yang kami berikan kepada Anda.





4. Bagaimana kami menggunakan informasi Anda?

Kami berhati-hati dalam menggunakan dan mengelola informasi Anda. Kami menggunakan informasi Anda dalam memberikan produk dan layanan kami. Kami juga menggunakan informasi Anda untuk keperluan lain, seperti untuk lebih memahami Anda dan kebutuhan Anda, dan untuk memberi tahu Anda tentang produk dan layanan lain yang mungkin Anda minati. Informasi tentang bagaimana kami menggunakan informasi pribadi Anda diatur dalam persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk produk dan layanan yang kami berikan pada Anda.

Kami mengumpulkan, menggunakan, dan membagikan informasi Anda sehingga kami dapat:

  • Mengkonfirmasi identitas Anda
  • Menilai pengajuan Anda atas suatu produk atau layanan
  • Merancang, mengelola, menetapkan harga dan menyediakan produk dan layanan kami
  • Mengelola hubungan kami dengan Anda
  • Meminimalkan risiko dan membantu   mengidentifikasi serta menyelidiki fraud dan aktivitas ilegal lainnya
  • Menghubungi Anda, misalnya, saat kami perlu memberi tahu Anda suatu informasi yang penting
  • Meningkatkan layanan kami
  • Mematuhi hukum, dan memenuhi kewajiban dari pemerintah dan lembaga penegak hukum
  • Mengelola aktivitas bisnis kami

Kami juga dapat mengumpulkan, menggunakan, dan membagikan informasi Anda dengan cara lain yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku

Menggunakan data untuk memberi Anda pelayanan yang lebih baik

Kami selalu berupaya untuk meningkatkan produk dan layanan kami serta memberi Anda pengalaman perbankan terbaik. Teknologi membantu kami dalam melakukan hal ini.Kami dapat menggunakan informasi yang telah kami miliki dengan informasi lain yang tersedia dari berbagai sumber eksternal. Kami melakukan analisa data tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan berguna tentang Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Menawarkan Anda produk dan layanan baru

Dari waktu ke waktu, sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kami juga dapat menggunakan informasi Anda, untuk memberitahu Anda tentang produk atau layanan yang menurut kami menarik bagi Anda. Untuk melakukannya, kami dapat menghubungi Anda melalui:

  • Surat Elektronik
  • Telepon
  • SMS
  • Media sosial
  • Iklan pada aplikasi, situs web, atau situs web pihak ketiga kami
  • Surat.

Jika Anda ingin tidak ingin menerima pesan direct marketing, atau ingin mengubah preferensi kontak Anda, anda dapat menyampaikannya kepada kami. Informasi tentang cara menghubungi kami terdapat di bagian Kami siap membantu Anda.





5. Dengan siapa kami membagikan informasi Anda?

Kami dapat membagikan informasi pribadi Anda dengan perusahaan terkait kami. Kami juga dapat membagikan informasi Anda dengan pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami (baik di dalam dan/atau di luar wilayah Indonesia), sebagaimana yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku atau untuk tujuan yang dijelaskan pada bagian Bagaimana kami menggunakan informasi Anda? Saat kami melakukan ini, kami memastikan bahwa upaya yang diperlukan untuk melindungi informasi Anda telah dilakukan.

Informasi mengenai pihak-pihak yang menerima informasi Anda dari kami dijelaskan dalam syarat dan ketentuan yang berlaku untuk produk dan layanan yang kami berikan kepada Anda.





6. Pengecekan kredit

Saat Anda mengajukan permohonan kredit kepada kami atau berperan sebagai penjamin/guarantor, kami dapat memeriksa laporan kredit Anda. Laporan kredit memberi kami informasi tentang riwayat kredit Anda. Laporan kredit didapatkan dari lembaga pengelolaan informasi perkreditan (badan pelaporan kredit), yang mengumpulkan dan membagikan informasi kredit dengan penyalur kredit seperti kami.

Ketentuan regulasi yang berlaku membatasi informasi yang dapat kami berikan kepada badan pelaporan kredit, dan yang dapat mereka berikan kepada kami. Regulasi juga membatasi bagaimana kami dapat menggunakan laporan kredit.

Informasi yang dapat kami bagikan dengan badan pelaporan kredit meliputi:

  • Identitas Anda
  • Jenis dan jumlah kredit yang Anda miliki — seperti kredit investasi, pinjaman rumah, atau pinjaman pribadi
  • Berapa banyak Anda meminjam
  • Ketepatan pembayaran Anda

Badan pelaporan kredit memasukkan informasi ini dalam laporan mereka untuk membantu penyedia kredit lain menilai kelayakan kredit Anda.

Kami juga dapat meminta badan pelaporan kredit untuk memberikan skor kredit Anda secara keseluruhan, dan dapat menggunakan informasi kredit dari badan pelaporan kredit bersamaan dengan informasi lain untuk menghasilkan penilaian kami atas kemampuan Anda untuk mengelola kredit.

Apa yang kami lakukan dengan informasi kredit?

Kami menggunakan informasi dari badan pelaporan kredit untuk:

  • Mengkonfirmasi identitas Anda
  • Melakukan penilaian atas pengajuan kredit Anda
  • Menilai kemampuan Anda dalam mengelola kredit
  • Mengelola hubungan kami dengan Anda
  • Mengumpulkan pembayaran yang telah jatuh tempo

Kami menyimpan informasi kredit Anda dengan informasi Anda yang lain. Anda dapat melihat informasi ini atau meminta kami untuk memperbaikinya jika terdapat kesalahan (lihat bagian Mengakses, mengkinikan, dan mengoreksi informasi Anda) atau mengajukan keluhan kepada kami (lihat bagian Menyampaikan keluhan terkait privasi).

Hak lain yang Anda miliki

Mencegah penipuan identitas — Jika Anda merasa telah atau mungkin menjadi korban penipuan — misalnya, jika orang lain mungkin menggunakan nama Anda untuk mengajukan kredit — Anda dapat meminta kami untuk tidak menggunakan atau memberikan informasi kredit Anda kepada siapa pun, di luar regulator atau lembaga pemerintahan sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.





7. Menjaga keamanan informasi Anda

Kami menjaga komitmen kami terhadap keamanan informasi dengan menerapkan langkah-langkah fisik, elektronik dan pengelolaan yang memadai dalam menjaga dan mengamankan informasi pribadi Anda.

Staf kami dilatih mengenai cara menjaga keamanan informasi Anda. Kami menggunakan pengamanan dan gedung/konstruksi yang aman untuk menyimpan informasi Anda. Kami bertujuan untuk menyimpan informasi Anda selama kami membutuhkannya.

Kami menyimpan informasi Anda dalam bentuk hard copy dan soft copy, pada gedung dan sistem yang aman, atau menggunakan pihak ketiga yang terpercaya. Berikut beberapa hal yang kami lakukan untuk melindungi informasi Anda.

  • Pelatihan staf
    • Kami melatih staf kami tentang cara menjaga dan melindungi informasi Anda.
  • Penanganan dan penyimpanan yang aman
    • Dalam hal kami menggunakan pihak ketiga yang mengelola atau menyimpan data, kami menerapkan pengaturan yang diperlukan untuk melindungi informasi Anda.
  • Keamanan sistem
    • Saat Anda login ke situs web atau aplikasi kami, kami mengenkripsi data yang dikirim dari komputer Anda ke sistem kami sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya.
    • Kami memiliki firewall, deteksi intrusi, dan alat pemindaian virus untuk menghentikan virus dan pihak yang tidak berwenang untuk mengakses sistem kami.
    • Saat kami mengirimkan data elektronik Anda ke pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami, kami menggunakan jaringan atau enkripsi yang aman.
    • Kami menggunakan kata sandi dan / atau smart cards untuk mencegah orang yang tidak berwenang untuk mendapatkan akses.
  • Keamanan gedung
    • Kami menggunakan kombinasi dari alarm, kamera, penjaga, dan kontrol lainnya di gedung kami untuk mencegah akses dari pihak yang tidak berwenang.
  • Menghancurkan atau de-identifikasi data ketika tidak lagi diperlukan
    • Kami bermaksud untuk menyimpan informasi pribadi hanya selama informasi tersebut masih kami butuhkan — misalnya untuk alasan bisnis atau sesuai dengan kewajiban hukum dan peraturan yang berlaku. Ketika kami tidak lagi membutuhkan informasi tersebut, kami mengambil langkah-langkah yang wajar untuk menghancurkan atau melakukan proses de-identifikasi.





8. Mengakses, mengkinikan, dan mengoreksi informasi Anda

Penting bagi Anda untuk memberi kami informasi yang lengkap dan akurat. Kami akan melakukan upaya yang terbaik untuk memastikan bahwa informasi yang kami miliki tentang Anda telah akurat. Anda dapat memeriksa atau memperbarui informasi Anda dengan menghubungi kami. Informasi tentang cara menghubungi kami ada di bagian Kami siap membantu Anda.

Anda memiliki hak untuk mengakses, dan mengoreksi informasi pribadi yang kami miliki tentang Anda.

Apakah Anda dapat mengetahui informasi apa yang kami miliki?

Anda dapat meminta salinan informasi pribadi Anda yang kami miliki dengan mengunjungi cabang atau menelepon kami. Informasi tentang cara menghubungi kami ada pada bagian Kami siap membantu Anda.

Apakah terdapat biaya untuk meminta informasi pribadi Anda?

Tidak ada biaya yang dikenakan untuk mengajukan permintaan kepada kami, tetapi kami dapat mengenakan biaya yang mungkin timbul sehubungan dengan proses yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi tersebut. Jika terdapat biaya, kami akan memberi tahu Anda berapa harganya, sehingga Anda dapat memutuskan apakah ingin melanjutkan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Kami akan menanggapi permintaan Anda secepat mungkin. Sebelum kami memberikan informasi kepada Anda, kami perlu untuk mengkonfirmasi identitas Anda terlebih dahulu.

Apakah kami dapat menolak untuk memberi Anda akses?

Dalam beberapa kasus, kami dapat menolak akses atau hanya memberi Anda akses ke informasi tertentu. Misalnya di mana pengungkapan informasi akan melibatkan pengungkapan informasi tentang orang lain atau yang akan mengungkapkan rahasia dagang.

Apakah Anda dapat mengoreksi atau memperbarui informasi Anda?

Anda dapat meminta kami untuk memperbaiki atau memperbarui informasi pribadi apa pun yang kami miliki tentang Anda (termasuk informasi kredit) dengan menghubungi kami. Informasi tentang cara menghubungi kami terdapat pada bagian Kami siap membantu Anda. Dalam hal kami telah memberikan informasi tersebut kepada pihak lain, Anda dapat meminta kami untuk menginformasikan kepada mereka bahwa informasi tersebut adalah tidak benar. Kami tidak akan mengenakan biaya untuk permintaan ini.

Jika terdapat kesalahan informasi yang diberikan oleh badan pelaporan kredit, kami dapat melakukan pengecekan kepada mereka atau dengan penyedia kredit terkait sebelum kami dapat mengubah informasi yang bersangkutan. Kami akan memberitahukan kepada Anda bila kami telah mengoreksi informasi Anda.

Bagaimana jika menurut kami informasi Anda sudah benar?

Jika menurut kami informasi tersebut tidak perlu diperbaiki, kami akan menginformasikan kepada Anda. Anda dapat meminta kami untuk menyertakan pernyataan dengan informasi yang mengatakan Anda yakin itu tidak akurat, tidak lengkap, menyesatkan atau tidak terkinikan.





9. Menyampaikan keluhan terkait privasi

Jika Anda memiliki masalah atau keluhan tentang privasi Anda, anda dapat memberitahu kami dan kami akan mencoba memperbaikinya. Jika Anda tidak puas dengan cara kami menangani keluhan Anda, ada hal lain yang dapat Anda lakukan.

Bagaimana Anda bisa mengajukan keluhan?

Kami berusaha untuk memperbaiki kesalahan pada kesempatan pertama — jika kami tidak dapat melakukannya, kami akan melakukan yang terbaik untuk memperbaikinya. Jika Anda memiliki persoalan terkait dengan privasi Anda (termasuk informasi kredit), Anda dapat mengajukan keluhan kepada kami, dan kami akan memberikan upaya terbaik untuk menyelesaikannya.

Untuk mengajukan keluhan, hubungi staf atau tim customer service kami. Kami akan menyelidiki masalahnya dan mencoba segera memperbaikinya. Jika Anda masih tidak puas, Anda dapat menghubungi layanan pengaduan. Lihat bagian Kami siap membantu Anda untuk informasi lebih lanjut.

Apa lagi yang bisa Anda lakukan?

Jika Anda tidak puas dengan cara kami menangani keluhan Anda melalui proses keluhan internal kami, maka Anda berhak untuk melakukan penyelesaian sengketa melalui layanan penyelesaian sengketa independen.





10. Kami siap membantu Anda

Jika Anda ingin memperbarui informasi pribadi, atau jika Anda memiliki permasalahan atau keluhan terkait privasi, memerlukan informasi lebih lanjut, atau ingin memperbarui preferensi — Anda dapat menyampaikan kepada kami dengan mengunjungi cabang kami terdekat atau menghubungi layanan Call CommBank di 15000 30 atau (62-21) 2935 2935 (akses internasional) atau melalui email customercare@commbank.co,id.





11. Cookies

Kami menggunakan teknologi untuk memberikan layanan yang nyaman, aman, dan relevan. Contoh teknologi yang kami gunakan adalah "cookie". Cookies adalah file teks yang sangat kecil yang disimpan browser Anda di komputer Anda ketika Anda mengunjungi situs web tertentu. Ketika Anda mengunjungi situs web yang telah mengeluarkan cookie, browser Anda mengirimkan data yang disimpan dalam cookie itu kembali ke server situs web.

Mengapa kami menggunakan cookies?

Kami menggunakan cookies untuk menjaga koneksi yang aman antara browser Anda dan server kami saat Anda menggunakan situs web kami yang terproteksi.

Anda mungkin dapat mengkonfigurasi browser Anda untuk memberi tahu Anda ketika Anda ditawarkan cookies dan memutuskan apakah akan menerimanya atau tidak. Anda dapat memilih untuk tidak menerima cookies saat menjelajahi situs web kami. Namun, Anda mungkin tidak dapat masuk ke layanan kami secara aman tanpa menerima cookies yang diuraikan di atas.





12. Deklarasi

Kebijakan ini dibuat dalam dua Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal terdapat penjelasan/ketentuan yang berbeda antara versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris atau terjadi sengketa atas penafsiran suatu ketentuan, maka versi Bahasa Indonesia yang berlaku.