- Langkah – langkah mudah untuk menjaga keamanan perbankan anda
Demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam melakukan transaksi perbankan, secara elektronik melalui Internet Banking maupun melalui Mobile Banking, mohon tetap berhati-hati dan waspada terhadap hal-hal yang mencurigakan, diantaranya aktivitas “phishing” oleh orang yang tidak bertanggung-jawab
Phishing adalah tindakan mendapatkan informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening Bank, dan/atau nomor kartu ATM Anda secara tidak sah dengan tujuan penipuan atau kejahatan
Phishing bisa dilakukan melalui beberapa cara, diantaranya:
- Menggunakan alamat email palsu untuk meminta data rekening dengan alasan perbaikan/upgrade sistem atau alasan verifikasi
- Menggunakan website palsu yang mirip dengan website resmi Bank Commonwealth.
- Mengirimkan form isian melalui e-mail yang meminta data nasabah seperti user ID, PIN, nomor rekening dan/atau nomor kartu ATM.
- Permintaan "Sinkronisasi Token" pada saat login ke Internet Banking atau Mobile Banking.
Berikut ini tips untuk mencegah Anda menjadi korban Phishing:
- Kunjungi website resmi Bank dengan mengetikkan www.commbank.co.id pada address bar dan hindari mengklik tautan yang terdapat pada email yang mengatasnamakan Bank Commonwealth.
- Pastikan Anda memiliki program anti-virus dan anti spyware yang up-to-date dan melakukan scan sistem yang teratur.
- Jangan pernah membalas email, telepon atau SMS kepada siapapun yang meminta password atau PIN Anda (termasuk kepada orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai karyawan Bank).
- Hati-hati dalam mengklik sesuatu dengan tujuan untuk melakukan "Sinkronisasi Token".
- Apabila Anda menerima email, telepon atau SMS mencurigakan yang mengatasnamakan Bank Commonwealth, segera hubungi Call CommBank (kode area)15000 30 atau (6221) 2935 2935 bagi Anda yang berada di luar negeri untuk memeriksa kebenarannya
- Hindari penggunaan fasilitas wifi bersama untuk melakukan transaksi perbankan.
- Penggunaan ATM
Mari kenali kejahatan transaksi melalui ATM dan waspadai tanda-tandanya dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini yaitu ATM Skimming
Apa itu ATM skimming?
ATM skimming adalah tindakan mengambil data rekening secara ilegal dari strip magnetik Kartu ATM/Debit atau Kartu Kredit dan PIN ketika Anda menggunakan mesin ATM. Skimming juga bisa terjadi pada saat Anda melakukan transaksi pembayaran menggunakan mesin EDC.
Pelaku skimming kemudian memanfaatkan data Anda untuk membuat kartu palsu atau kartu 'kloning'. Dalam banyak kasus, pelaku skimming menggunakan kartu palsu dan PIN untuk menarik uang dari mesin ATM baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Bagaimana alat skimming bekerja?
Untuk melakukan ATM skimming, pelaku biasanya:
- Memasang perangkat pada slot kartu di mesin ATM untuk mengambil data pada kartu, dan
- Memasang kamera untuk melihat keypad untuk mengintip dan mengetahui nomor PIN.
Untuk EDC skimming, pelaku mengambil rincian data di kartu dan nomor PIN dengan mengganti perangkat EDC asli dengan perangkat tiruan yang terlihat dan bekerja seperti perangkat EDC normal.
EDC skimming sulit untuk dideteksi dan tidak akan teridentifikasi sampai Anda atau Bank menemukan transaksi yang tidak biasa pada rekening Anda.
Apa yang Bank Commonwealth lakukan untuk melindungi rekening nasabah dari ATM skimming?
Kami selalu berusaha mencegah kasus ATM skimming dengan sangat serius dan dengan menggunakan teknologi terdepan secara berkala, diantaranya:
- Memonitor mesin ATM 24 jam dan mendeteksi jika seseorang memasang perangkat skimming. Bila terjadi pemasangan alat skimming, tim security kami akan segera datang ke lokasi dan memeriksa mesin ATM secara keseluruhan untuk memastikan alat skimming ditemukan.
- Memantau dan memonitor transaksi ATM nasabah selama 24 jam - jika terdapat transaksi yang mencurigakan maka petugas Bank kami akan segera menghubungi nasabah untuk mengkonfirmasi transaksi dan mencegah kerugian lebih lanjut.
Kami juga selalu memantau kasus - kasus ATM skimming yang terjadi, baik di lokal dan internasional, untuk memastikan kami menyadari dan mengantisipasi jenis- jenis penipuan terbaru.
Tanda-tanda mencurigakan terkait ATM skimming – Apa yang harus nasabah waspadai?
Anda dapat mengidentifikasi tanda-tanda mencurigakan terkait ATM skimming dengan beberapa cara di bawah ini:
- Apakah mesin ATM terlihat seperti biasanya? Waspadai perubahan fisik atau penambahan perangkat baru yang tidak biasa.
- Apakah ada tanda-tanda tindak vandalism di mesin ATM? Waspada ketika Anda dapat melihat sisa lem, kabel terbuka, potongan double tape dll.
- Anda melihat sesuatu yang mencurigakan pada slot kartu pada ATM (misalnya terdapat perangkat tambahan).
- Seorang asisten toko mengambil kartu Anda dan hilang dari pandangan Anda untuk memproses transaksi Anda.
- Seorang asisten toko meminta Anda untuk menggesek kartu Anda melalui lebih dari satu mesin EDC.
- Anda melihat transaksi ATM yang tidak biasa atau tidak Anda ketahui pada laporan rekening tabungan Anda.
Jika Anda melihat atau mengalami salah satu dari tanda-tanda mencurigakan diatas, JANGAN lakukan transaksi lebih lanjut dan segera hubungi Call Commbank di (kode area) 15000 30 atau (6221) 2935 2935 bagi Anda yang berada di luar negeri.
- Penggunaan Kartu Debit
- Periksa nilai transaksi Anda apakah sudah sesuai dengan yang Anda lakukan.
- Ketika melakukan transaksi menggunakan Kartu Debet di Merchant, selalu ikuti keberadaan Kartu ATM Anda.
- Ketika menggunakan kartu ATM, harap menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat memasukan PIN ke mesin EDC.
- Cek tanda terima transaksi debet dengan laporan transaksi. Segera hubungi Bank apabila ada transaksi yang mencurigakan.
- Simpan laporan transaksi, tanda terima transaksi dan dokumen keuangan Anda dengan aman dan apabila sudah tidak dibutuhkan hancurkan dengan merobek sebelum dibuang.
- Potong kartu Anda yang telah kadaluarsa dengan menggunting magnetic strip atau chip saat kartu pengganti telah Anda terima. Hal ini disarankan karena magnetic strip menyimpan data elektronik Nasabah sehingga harus segera dihancurkan agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Jika Anda mencurigai sesuatu, silahkan hubungi kami segera dengan mengunjungi cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30.
- Buku tabungan
- Simpan di tempat yang aman dan tidak mudah terlihat.
- Jangan berikan buku tabungan Anda kepada orang lain.
- Jangan pernah menandatangani formulir transaksi kosong seperti pemindah bukuan, perubahan data nasabah, dll.
- Jika buku tabungan Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30.
- Menciptakan PIN yang aman dan menjaga PIN
Untuk bertransaksi baik melalui ATM maupun Internet Banking dan Mobile Banking. Beberapa tips untuk mengamankan PIN Anda adalah sebagai berikut:
- Ganti PIN ATM Anda secara berkala untuk menghindari pemakaian oleh pihak tidak bertanggung jawab. Anda dapat merubah PIN ATM Anda melalui mesin ATM Bank Commonwealth dan untuk merubah PIN Token Anda silahkan melihat pada Token.
- Pastikan bahwa Anda menjaga dan tidak memberitahu kepada siapapun PIN ATM maupun PIN Token Anda.
- Gunakanlah nomor Pin yang berbeda untuk PIN ATM dan PIN Token Anda.
- Jangan membuat PIN yang merupakan pengulangan dari User ID.
- Jangan menggunakan PIN yang mudah ditebak oleh orang lain, seperti tanggal kelahiran ataupun nomor PIN yang berurut seperti 1234565 atau merupakan pengulangan seperti 333333.
- Hindari mencatat Nomor Pin dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet. Bank Commonwealth tidak akan pernah menanyakan PIN Anda, serta mengharuskan Anda memberikan informasi rahasia melalui media yang tidak aman seperti e-mail. Waspadai e-mail yang menanyakan informasi rahasia yang berhubungan dengan akun pribadi Anda seperti No. Rekening/User ID/No Kartu/ PIN.
- Cek akun Anda secara regular dan segera hubungi Call Commbank kami apabila ada aktivitas yang mencurigakan dan sebaiknya Anda segera mengganti PIN Anda.
- Keamanan Mobile Banking
Ponsel menawarkan kenyamanan mengelola portofolio keuangan Anda, mentransfer dana, dan menyelesaikan perbankan sehari-hari Anda membutuhkannya dimanapun Anda berada. Penting untuk diingat bahwa Anda harus berhati-hati tentang bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda, dan bahwa, seperti komputer, kebutuhan mobile Anda harus tetap aman untuk melindungi Anda dari pencurian identitas atau penipuan transaksi. Beberapa langkah keamanan sederhana yang harus Anda lakukan, antara lain:
- Gunakan Aplikasi Mobile Banking Bank Commonwealth yang resmi dan segera Log out setelah selesai bertransaksi.
- Bagi pengguna Android, Anda dapat men-download layanan Mobile Banking Bank Commonwealth melalui Play Store, silahkan cari “Commbank ID”.
- Bagi pengguna iPhone/iPad download Aplikasi resmi Mobile Banking Bank Commonwealth melalui Appstore dengan mencari “Commbank ID” lalu download aplikasi tersebut ke dalam ponsel Anda.
- Mobile Banking Bank Commonwealth telah dilengkapi oleh Security Socket Layer untuk menjamin keamanan Anda bertransaksi menggunakan aplikasi ini namun ada baiknya apabila Anda memiliki perangkat lunak antivirus/spyware pada ponsel Anda
- Harap untuk tidak menginstal aplikasi yang tidak jelas asalnya ke ponsel maupun tablet Anda
- Hindari menggunakan koneksi internet WI-FI pada area public saat bertransaksi online menggunakan Mobile Banking. Bertransaksilah menggunakan jaringan WI-FI yang dapat Anda percayai keamanannya.
- Gunakanlah password atau pass code pada ponsel maupun tablet Anda dan segera mengunci ponsel atau tablet Anda saat tidak Anda gunakan. Pastikan hanya Anda yang mengetahui password/passcode ponsel/tablet Anda.
- Segera hapus pesan lama yang mengandung informasi keuangan Anda.
- Pastikan tidak ada orang lain yang melihat ketika Anda memasukkan PIN Token Anda ketika menggunakan Mobile Banking di area publik.
- Apabila Anda menerima SMS mencurigakan mengatasnamakan Bank Commonwealth, segera hubungi Call Commbank untuk mengecek kebenarannya.
- Jangan merespon SMS maupun email yang berhubungan informasi perbankan Anda
- Sebelum menjual ponsel maupun tablet Anda, pastikan Anda telah mereset ponsel/tablet Anda sehingga seluruh informasi terhapus.
- Apabila ponsel Anda dicuri, segera beritahukan provider telekomunikasi Anda untuk memblokir nomor tersebut. Segera ganti password akun online yang terakses melalui ponsel anda. Selalu perbarui informasi Anda pada Bank sehingga Bank dapat langsung menghubungi ketika terdapat aktivitas mencurigakan pada akun Anda.
- Jika Token Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30.
- Keamanan Internet Banking
Beberapa langkah keamanan yang dapat Anda lakukan:
- Sebaiknya tidak mengakses Internet Banking Bank Commonwealth di Warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
- Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sebentar/sesaat.
- Jangan pernah membalas email atau telepon kepada siapa pun (termasuk dengan alasan mengidentifikasi diri mereka sebagai karyawan Bank) yang meminta password atau PIN Anda
- Kunjungi situs resmi Bank dengan mengetikkan www.commbank.co.id pada address bar dan hindari meng-klik link yang terdapat pada e-mail mengatasnamakan Bank Commonwealth. Pastikan Anda memiliki up-to-date anti-virus dan program anti spyware dan melakukan scan sistem yang teratur
- Lindungi Token Anda termasuk username dan password
- Jika Token Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 15000 30.
- Jika Anda sering mengalami kendala saat buka Internet Banking di laptop/komputer Anda klik disini
Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Harap hubungi Cabang terdekat kami atau Call Commbank di 15000 30 Sebagai nasabah kami, Anda dapat tetap merasa aman bersama Bank Commonwealth yang didukung oleh para professional perbankan yang berkomitmen tinggi.
Terimakasih telah menjadi nasabah kami dan atas kepercayaan yang Anda berikan kepada Bank Commonwealth.
"Waspadalah disaat Anda melakukan transaksi perbankan. Jika ada masalah atau kecurigaan disaat Anda melakukan transaksi, segera Hubungi Call Commbank 15000 30"