- English  | Indonesia
Skip Navigation Links
HOME
About Us
Personal
Business
Service
Career

Waspadalah Di Saat Anda Melakukan Transaksi Perbankan

Due date : 26 Dec 2012 - 26 Dec 2014
Time : 12:00 AM - 12:00 AM
Location : Jakarta

Langkah – langkah mudah untuk menjaga keamanan perbankan anda

Commonwealth Bank memiliki komitmen untuk menyediakan lingkungan perbankan yang aman bagi nasabah. Dengan ini kami ingin berbagi beberapa petunjuk untuk membantu Anda menghindari penipuan serta memberikan pengalaman perbankan yang aman bagi Anda.

Petunjuk keamanan perbankan secara umum:

  • Lakukan pengecekan secara teratur. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan laporan keuangan Anda dan jika menemukan kejanggalan segera hubungi cabang terdekat atau melalui Call Commbank kami di 5000 30. Dengan pemeriksaan secara berkala (seperti satu kali dalam seminggu) Anda dapat mengidentifikasi transaksi tidak sah lebih dini.
  • Jaga PIN Anda. Pastikan PIN Anda tidak mudah diketahui dan tidak memberitahukan kepada siapapun. Untuk pemakaian PIN, hindari menggunakan informasi pribadi seperti tanggal ulang tahun, nomor telepon, atau nomor identifikasi pribadi lainnya. Untuk lebih meningkatkan keamanan, kami sarankan PIN dibuat dengan kombinasi angka yang unik.
  • Waspadai penipuan. Anda perlu berhati-hati ketika menerima telepon dari seseorang yang meminta data pribadi Anda dan mengaku sebagai salah satu karyawan Bank, karena Bank TIDAK pernah mengizinkan karyawan Bank untuk meminta data pribadi nasabah. Selain itu Anda juga perlu mewaspadai permintaan data pribadi dari email tidak dikenal, surat berantai, ataupun pihak yang mengaku sebagai perwakilan dari pemerintah/lembaga keuangan atau bisnis.
  • Jangan bagikan informasi Anda kepada orang lain. Jangan memberikan informasi pribadi seperti rincian rekening bank, fotokopi identitas Anda, akte kelahiran ataupun data pribadi lain kepada siapapun.
  • Perhatikan semua transaksi yang Anda lakukan. Jangan pernah menandatangani formulir penarikan, formulir transfer, formulir yang berhubungan dengan transaksi yang masih kosong.

Penggunaan ATM

  • Segera tanda tangani Kartu yang Anda terima dari Bank
  • Setelah Anda menerima lembar notifikasi mengenai PIN ATM maka segeralah mengganti PIN ATM Anda. Ingatlah PIN Anda dan hancurkan lembar notifikasi sesegera mungkin.
  • Pastikan bahwa hanya Anda yang mengetahui PIN ATM Anda. Dihimbau untuk tidak mencatat nomor PIN ATM Anda pada media apapun terutama di dalam dompet.
  • Berhati-hatilah ketika melakukan transaksi di ATM.
  • Berhati-hatilah bila ada orang yang mengarahkan Anda ke ATM tertentu, lindungi kartu ATM dan PIN Anda
  • Apabila Anda melihat sesuatu yang janggal pada fisik mesin ATM (misalnya ada tambahan alat pada slot kartu atau tombol keypad yang tidak sempurna terpasang) atau terdapat pemberitahuan mengenai gangguan pada ATM jangan gunakan mesin tersebut. Laporkan segera kepada Bank secepatnya Ketika menggunakan ATM, harap menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat memasukan PIN ke ATM.
  • Setelah selesai bertransaksi pada ATM, jangan lupa untuk mengambil kembali kartu Anda sebelum meninggalkan area ATM.
  • Simpan uang anda dengan segera. Hitung uang anda kemudian dan selalu simpan tanda terima.
  • Apabila kartu anda tersangkut atau tertelan, pastikan anda menghubungi call center Commbank di 5000 30 dan jangan menerima saran dari pihak manapun untuk menelpon nomor telepon selain nomor telepon resmi Bank.
  • Jika Kartu ATM Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 5000 30.
  • Selalu waspada. Utamakan keselamatan Anda. Apabila ada orang mencurigakan, segera batalkan transaksi dan gunakan mesin ATM lainnya. Jangan menerima bantuan dari siapapun dan usahakan saat bertransaksi Anda tidak terganggu oleh hal lain. Apabila ada seseorang yang mengikuti anda setelah anda melakukan transaksi ATM, pergilah ketempat keramaian dan telepon polisi.

Penggunaan Kartu Debit

  • Periksa nilai transaksi Anda apakah sudah sesuai dengan yang Anda lakukan.
  • Ketika melakukan transaksi menggunakan Kartu Debet di Merchant, selalu ikuti keberadaan Kartu ATM Anda.
  • Ketika menggunakan kartu ATM, harap menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat memasukan PIN ke mesin EDC.
  • Cek tanda terima transaksi debet dengan laporan transaksi. Segera hubungi Bank apabila ada transaksi yang mencurigakan.
  • Simpan laporan transaksi, tanda terima transaksi dan dokumen keuangan Anda dengan aman dan apabila sudah tidak dibutuhkan hancurkan dengan merobek sebelum dibuang.
  • Potong kartu Anda yang telah kadaluarsa dengan menggunting magnetic strip atau chip saat kartu pengganti telah Anda terima. Hal ini disarankan karena magnetic strip menyimpan data elektronik Nasabah sehingga harus segera dihancurkan agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Jika Anda mencurigai sesuatu, silahkan hubungi kami segera dengan mengunjungi cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 5000 30.

Buku tabungan

  • Simpan di tempat yang aman dan tidak mudah terlihat.
  • Jangan berikan buku tabungan Anda kepada orang lain.
  • Jangan pernah menandatangani formulir transaksi kosong seperti pemindah bukuan, perubahan data nasabah, dll.
  • Jika buku tabungan Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 5000 30.

Menciptakan PIN yang aman dan menjaga PIN
Untuk bertransaksi baik melalui ATM maupun Internet Banking dan Mobile Banking. Beberapa tips untuk mengamankan PIN Anda adalah sebagai berikut:

  • Ganti PIN ATM Anda secara berkala untuk menghindari pemakaian oleh pihak tidak bertanggung jawab. Anda dapat merubah PIN ATM Anda melalui mesin ATM Commonwealth Bank dan untuk merubah PIN Token Anda silahkan melihat pada Token.
  • Pastikan bahwa Anda menjaga dan tidak memberitahu kepada siapapun PIN ATM maupun PIN Token Anda.
  • Gunakanlah nomor Pin yang berbeda untuk PIN ATM dan PIN Token Anda.
  • Jangan membuat PIN yang merupakan pengulangan dari User ID.
  • Jangan menggunakan PIN yang mudah ditebak oleh orang lain, seperti tanggal kelahiran ataupun nomor PIN yang berurut seperti 1234565 atau merupakan pengulangan seperti 333333.
  • Hindari mencatat Nomor Pin dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet. Commonwealth Bank tidak akan pernah menanyakan PIN Anda, serta mengharuskan Anda memberikan informasi rahasia melalui media yang tidak aman seperti e-mail. Waspadai e-mail yang menanyakan informasi rahasia yang berhubungan dengan akun pribadi Anda seperti No. Rekening/User ID/No Kartu/ PIN.
  • Cek akun Anda secara regular dan segera hubungi Call Commbank kami apabila ada aktivitas yang mencurigakan dan sebaiknya Anda segera mengganti PIN Anda.

Keamanan Mobile Banking
Ponsel menawarkan kenyamanan mengelola portofolio keuangan Anda, mentransfer dana, dan menyelesaikan perbankan sehari-hari Anda membutuhkannya dimanapun Anda berada. Penting untuk diingat bahwa Anda harus berhati-hati tentang bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda, dan bahwa, seperti komputer, kebutuhan mobile Anda harus tetap aman untuk melindungi Anda dari pencurian identitas atau penipuan transaksi. Beberapa langkah keamanan sederhana yang harus Anda lakukan, antara lain:

  • Gunakan Aplikasi Mobile Banking Commonwealth Bank yang resmi dan segera Log out setelah selesai bertransaksi.
  • Bagi pengguna BlackBerry download Aplikasi resmi Mobile Banking Commonwealth Bank melalui m.commbank.co.id atau melalui aplikasi BB Appworld dengan mencari “Commbank ID” lalu download aplikasi tersebut ke dalam ponsel Anda.
  • Bagi pengguna iPhone/iPad download Aplikasi resmi Mobile Banking Commonwealth Bank melalui Appstore dengan mencari “Commbank ID” lalu download aplikasi tersebut ke dalam ponsel Anda.
  • Mobile Banking Commonwealth Bank telah dilengkapi oleh Security Socket Layer untuk menjamin keamanan Anda bertransaksi menggunakan aplikasi ini namun ada baiknya apabila Anda memiliki perangkat lunak antivirus/spyware pada ponsel Anda
  • Harap untuk tidak menginstal aplikasi yang tidak jelas asalnya ke ponsel maupun tablet Anda
  • Hindari menggunakan koneksi internet WI-FI pada area public saat bertransaksi online menggunakan Mobile Banking. Bertransaksilah menggunakan jaringan WI-FI yang dapat Anda percayai keamanannya.
  • Gunakanlah password atau pass code pada ponsel maupun tablet Anda dan segera mengunci ponsel atau tablet Anda saat tidak Anda gunakan. Pastikan hanya Anda yang mengetahui password/passcode ponsel/tablet Anda.
  • Segera hapus pesan lama yang mengandung informasi keuangan Anda.
  • Pastikan tidak ada orang lain yang melihat ketika Anda memasukkan PIN Token Anda ketika menggunakan Mobile Banking di area publik.
  • Apabila Anda menerima SMS mencurigakan mengatasnamakan Commonwealth Bank, segera hubungi Call Commbank untuk mengecek kebenarannya.
  • Jangan merespon SMS maupun email yang berhubungan informasi perbankan Anda
  • Sebelum menjual ponsel maupun tablet Anda, pastikan Anda telah mereset ponsel/tablet Anda sehingga seluruh informasi terhapus.
  • Apabila ponsel Anda dicuri, segera beritahukan provider telekomunikasi Anda untuk memblokir nomor tersebut. Segera ganti password akun online yang terakses melalui ponsel anda. Selalu perbarui informasi Anda pada Bank sehingga Bank dapat langsung menghubungi ketika terdapat aktivitas mencurigakan pada akun Anda.
  • Jika Token Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 5000 30.

Keamanan Internet Banking
Beberapa langkah keamanan yang dapat Anda lakukan:

  • Sebaiknya tidak mengakses Internet Banking Commonwealth Bank di Warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
  • Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sebentar/sesaat.
  • Jangan pernah membalas email atau telepon kepada siapa pun (termasuk dengan alasan mengidentifikasi diri mereka sebagai karyawan Bank) yang meminta password atau PIN Anda
  • Kunjungi situs resmi Bank dengan mengetikkan www.commbank.co.id pada address bar dan hindari meng-klik link yang terdapat pada e-mail mengatasnamakan Commonwealth Bank. Pastikan Anda memiliki up-to-date anti-virus dan program spyware dan melakukan scan sistem yang teratur
  • Lindungi Token Anda termasuk username dan password
  • Jika Token Anda hilang segera laporkan kepada kami melalui cabang terdekat atau menghubungi Call Commbank di 5000 30.

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Harap hubungi Cabang terdekat kami atau Call Commbank di 5000 30 Sebagai nasabah kami, Anda dapat tetap merasa aman bersama Commonwealth Bank yang didukung oleh para professional perbankan yang berkomitmen tinggi.
Terimakasih telah menjadi nasabah kami dan atas kepercayaan yang Anda berikan kepada Commonwealth Bank.

"Waspadalah disaat Anda melakukan transaksi perbankan. Jika ada masalah atau kecurigaan disaat Anda melakukan transaksi, segera Hubungi Call Commbank 5000 30"

Click to open printer friendly page

 
Media

  Branch & ATM
 
  CBA Group
 
  Internet Banking Login