- English  | Indonesia
Skip Navigation Links
HOME
About Us
Personal
Business
Service
Career

COMMONWEALTH KENALKAN APLIKASI MOBILE BANKING DI JAWA TIMUR

Due date : 23 Jun 2011 - 23 Jun 2012
Time : 12:00 AM - 12:00 AM
Location : Surabaya

Commonwealth Bank Indonesia target capai total nilai transaksi perbankan elektronik sebesar Rp 5 triliun

Surabaya, 23 Juni 2011 - Commonwealth Bank Indonesia hari ini memperkenalkan aplikasi mobile banking dengan terobosan teknologi terdepan, yang dilengkapi fitur investasi serta fitur keamanan berlapis. Aplikasi Mobile Banking ini menawarkan keleluasaan serta kendali nasabah terhadap transaksi keuangan kapan pun dan di mana pun. Aplikasi mobile banking ini memiliki terobosan berupa fitur investasi pertama di industri perbankan Indonesia yang memudahkan nasabah untuk membeli produk reksadana dan membuka deposito berjangka, disamping fitur layanan mobile banking lainnya.

Tidak hanya itu, fitur investasi yang tersedia jugamemudahkan nasabah dalam memonitor pertumbuhan reksa dana mereka melalui smartphone. Total Dana Kelolaan (Assets Under Management) industri reksa dana di Indonesia yang mencapai Rp153,68 triliun pada April 2011, dan diprediksi akan terus bertumbuh seiring dengan bertambahnya masyarakat kelas menengah di Indonesia. Hal ini membuktikan reksa dana sebagai salah satu produk investasi favorit.

Saat ini, Commonwealth Bank Indonesia merupakan salah satu bank distributor reksadana teraktif yang menawarkan lebih dari 50 jenis produk reksadana. Dengan teknologi mobile banking ini, nasabah tidak hanya dapat membeli produk reksadana di kantor cabang Commonwealth Bank Indonesia, tapi bisa dimana saja dan kapan saja melalui smartphone. Seiring dengan tingginya tingkat penetrasi smartphone di Indonesia, Commonwealth Bank menargetkan paling sedikit 50% nasabahnya untuk menggunakan aplikasi mobile banking ini secara rutin.

Commonwealth Bank Indonesia telah menginvestasikan sebesar US$400.000-US$500.000 untuk pengembangan aplikasi mobile banking ini, yang diharapkan dapat mengkontribusikan total nilai transaksi perbankan elektronik sebesar Rp5 triliun dalam 12 bulan mendatang.

Inovasi dari aplikasi mobile banking Commonwealth Bank Indonesia ini mendapat pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Aplikasi Mobile Banking yang Memiliki Fitur Investasi Pertama di Indonesia.

Tony Costa, President Director Commonwealth Bank Indonesia mengatakan, "Kami sangat gembira dapat merespon tingginya permintaan nasabah akan sebuah aplikasi mobile banking yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan transaksi perbankan dan investasi.

"Komitmen kami untuk menghadirkan layanan keuangan digital yang komprehensif dalam satu aplikasi mobile banking mengukuhkan keyakinan kuat kami bahwa terobosan teknologi sudah menjadi kebutuhan penting bagi nasabah yang ingin mengatur kehidupan finansial yang lebih baik," tambah Tony.

Sebagai pasar telepon selular terbesar ketiga di Asia – setelah China dan India – Indonesia memiliki tingkat penetrasi mobile yang sangat tinggi, yaitu sebesar 56,8%, sementara penetrasi pasar untuk Internet sekitar 10,4%. Ini berarti sekitar 180 juta pengguna atau hampir 80% dari total penduduk menggunakan ponsel, dimana lebih dari 1 juta tercatat sebagai pengguna BlackBerry®. Di Surabaya sendiri, penetrasi Internet mencapai 32% di tahun 2010*.

"Jawa Timur, terutama kota Surabaya, merupakan salah satu pasar utama kami di Indonesia. Kami memahami bahwa investasi menjadi bagian dari pola hidup moderen masyarakat di Jawa Timur dan tidak terpisahkan dari aktivitas perbankan. Kami ingin memastikan nasabah kami di propinsi ini mendapatkan layanan dengan tekonologi canggih yang membuat transaksi perbankan menjadi semakin nyaman dan mudah," kata Tony.

Commonwealth Bank Indonesia memiliki  operasi yang kuat di Jawa Timur dengan total jaringan sebanyak 16 cabang.

"Commonwealth Bank Indonesia menyadari semakin tingginya permintaan akan layanan investasi yang lebih nyaman seiring dengan tren gaya hidup masyarakat Indonesia yang semakin mobile dan dinamis dengan semakin tingginya penggunaan handphone dan Internet," ujar Ian Whitehead, Director of Retail and Business Banking Commonwealth Bank Indonesia.

Aplikasi mobile banking Commonwealth Bank Indonesia tersedia untuk semua perangkat smartphone dari BlackBerry® dan iPhone, serta kompatibel dengan seluruh operator telekomunikasi yang mendukung jaringan ke Internet.

Mengomentari fitur-fitur terdepan dari aplikasi yang melayani kebutuhan perbankan dan investasi, Tony mengatakan, "Ini adalah komitmen kami untuk tidak hanya menyediakan produk-produk keuangan tetapi juga ikut mendukung nasabah mendapatkan layanan dan teknologi yang dapat membantu mereka mengatur transaksi finansialnya dengan lebih nyaman."

Aplikasi mobile banking Commonwealth Bank Indonesia ini juga memiliki fitur-fitur unggulan lain seperti fitur jual beli mata uang asing dengan kurs khusus, langsung dari smartphone. Selain itu, aplikasi mobile banking ini memiliki batas transaksi harian hingga Rp200 juta – jumlah tertinggi yang tersedia di industri perbankan Indonesia saat ini. Keunggulan-keunggulan ini merupakan satu dari banyak inovasi lainnya yang diyakini Commonwealth Bank Indonesia dapat menjadi nilai tambah bagi segmen nasabah yang tak ingin menghabiskan banyak waktu dalam mengatur dan melakukan transaksi keuangannya.

Sebagai bank yang terdepan dalam menyediakan layanan perbankan inovatif, Commonwealth Bank Indonesia juga melengkapi aplikasi ini dengan fitur untuk melakukan transfer dana ke bank manapun di dunia dengan teknologi Internet Banking. Didukung dengan teknologi keamanan Internet Banking yang dilengkapi dengan peranti pengaman terkini, nasabah dapat menikmati kemudahan transfer dana tanpa terlebih dahulu harus mendaftarkan nomor rekening penerima.

Aplikasi mobile banking ini adalah aplikasi native pertama di Indonesia yang menggunakan token seperti yang digunakan untuk Internet banking engine, sehingga meningkatkan keamanan nasabah pada saat melakukan transaksi perbankan.

Ian mengatakan, "Sejalan dengan tujuan kami untuk meningkatkan penggunaan aplikasi mobile banking, kemanan transaksi menjadi salah satu hal perhatian utama nasabah. Commonwealth Bank Indonesia memahami hal tersebut. Oleh karena itu kami telah melengkapi aplikasi mobile banking kami dengan perlindungan keamanan yang berlapis."
Commonwealth Bank Indonesia akan terus mengembangkan fitur-fitur untuk aplikasi mobile banking ini, termasuk pelayanan yang lebih customized dan personal bagi para nasabah untuk memberikan kenyamanan dalam mengelola rekening dan membeli produk tambahan secepat dan semudah mungkin. Upgrade aplikasi mobile banking dan konten baru akan diluncurkan oleh Commonweath Bank Indonesia pada bulan-bulan mendatang.

Inisiatif bisnis dalam penyediaan jasa keuangan digital di Indonesia diharapkan dapat mendukung pertumbuhan bisnis Commonwealth Bank Indonesia, yang ditargetkan untuk tumbuh lebih dari 30% di tahun 2011, dan yang lebih penting, memperkuat posisi Commonwealth Bank Indonesia sebagai pemimpin dalam hal inovasi di industri perbankan Indonesia.

*(Sumber: Yahoo! and TNS Net Index)

Click to open printer friendly page

 
Media

  Branch & ATM
 
  CBA Group
 
  Internet Banking Login